Harga Melonjak Tinggi, Beras Bulog Bakal Banjiri PIBC

55

RADARINDO.co.id – Jakarta : Beras Bulog akan kembali membanjiri Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), sebagai upaya pemerintah mengintervensi harga beras yang saat ini melonjak tinggi. Data panel harga pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas), rata-rata Harga Eceran Tertinggi (HET) beras medium saat ini menembus angka Rp12.760 per kilogram.

Baca juga : Cabut HGU PT SPR dan Tangkap Mafia Tanah Hutabagasan

Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi menyebut, rencana penyaluran beras Bulog ke PIBC merupakan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dengan menyalurkan beras SPHP (stabilisasi pasokan dan harga pangan) ke jaringan pasar, termasuk PIBC diharapkan dapat menekan harga beras di konsumen kembali menuju HET.


“Sebentar lagi ke Pasar Induk Cipinang kita siapkan, supaya masif. Pengennya dari minggu lalu,” ujar Arief usai meluncurkan bantuan sosial (bansos) beras di Gudang Bulog Kanwil DKI Jakarta dan Banten, Senin (11/9/2023).

Baca juga : Meriahkan Hari Lalulintas ke-68, Polres Sergai Akan Gelar Turnamen Esport

Menurut Arief, saat ini pihaknya tengah menyiapkan mekanisme ihwal dan teknis pendistribusian beras Bulog ke PIBC. Dia memastikan beras Bulog akan segera tersedia di PIBC seiring keinginan presiden agar beras SPHP cepat didistribusikan. Kendati demikian, Arief tak menyebut jumlah cadangan beras pemerintah (CBP) yang akan dikucurkan ke PIBC. “Segera, hari ini kita ngobrol mungkin besok atau lusa. Nanti kalau ada kita kasih tahu,” ucap Arief. (KRO/RD/EB)