Ingin Mengetahui Darimana Asalnya Ombak di Laut?, Baca Ini

53

RADARINDO.co.id : Jika kita berlibur ke pantai atau melihat pemandangan di laut, tentunya tidak terlepas dari pemandangan deburan ombak. Ombak yang anda lihat tersebut sangat mungkin telah menempuh perjalanan panjang sebelum akhirnya berujung di pantai. Bahkan ombak bisa tercipta ribuan kilometer jauhnya atau bisa pula tercipta di dekat anda.

Baca juga : Ini Alasan Mengapa Kita Tak Bisa Rasakan Bumi Berputar

Ada berbagai jenis ombak yang ada di lautan, tetapi ombak yang biasa anda lihat di pantai tercipta karena angin. Dikutip dari laman The Conversation saat angin bertiup di lautan, angin akan menciptakan gelombang kecil atau riak di permukaan. Gelombang yang awalnya kecil ini akan semakin besar jika angin terus bertiup.

Semakin cepat angin bertiup, semakin besar gelombang yang akan muncul. Selain itu, semakin jauh angin bertiup, semakin besar pula gelombang yang akan terbentuk. Dan semakin lama angin bertiup, gelombang juga akan semakin besar.

Baca juga : Begini Cara Tepat Dekorasi Rumah

Namun, jika angin berhenti atau berubah arah, gelombang akan berhenti bertumbuh tetapi tidak berhenti bergerak. Gelombang atau ombak akan terus melakukan perjalanan, terkadang sampai berhari-hari lalu berhenti ketika mereka bertemu dengan suatu tempat seperti pantai. Saat ombak mendekati pantai, air akan jadi lebih dangkal. Kemudian, dasar ombak akan mulai merasakan bebatuan, pasir, dan rumput laut yang membuatnya kemudian melambat. (KRO/RD/LFS)