Ini Beberapa Cara Bersihkan Kotoran Telinga yang Keras

159

RADARINDO.co.id : Kotoran telinga yang tidak dibersihkan tentu saja sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri. Namun perlu diketahui, membersihkan kotoran telinga yang keras tidak boleh menggunakan cotton bud, kapas dengan bentuk batang atau kerap disebut korek kuping.

Pasalnya, metode ini sebenarnya tidak ampuh mengeluarkan kotoran dari dalam telinga, bahkan malah justru bisa mendorong kotoran masuk lebih dalam.

Baca juga : Begini Cara Hilangkan Panu Secara Alami dan Cepat


Melansir cnnindonesia, sebenarnya telinga mengeluarkan kotoran bukan untuk membuang zat berbahaya. Kotoran telinga justru memiliki fungsi untuk melindungi lapisan saluran indera pendengaran ini dari tekanan air dan bakteri agar tidak terjadi infeksi.

Maka dari itu, kotoran telinga sebenarnya tidak harus selalu dibersihkan sampai tidak tersisa sedikit pun. Hanya saja, terkadang kotoran telinga yang menumpuk berubah menjadi kering dan keras.

Selain berubah tekstur, kotoran telinga yang keras juga dapat berubah warna, yaitu dari kekuningan menjadi cokelat. Bahkan, terkadang kotoran telinga berwarna hitam.

Penyebab kotoran telinga menjadi keras dan kering diantaranya karena membersihkan telinga menggunakan cotton bud, sering menggunakan earphone, memakai alat bantu dengar, liang telinga terlalu sempit, ada pertumbuhan tulang di liang telinga luar, dan saluran telinga berbulu.

Cara aman mengeluarkan kotoran telinga yang keras diantaranya jangan pakai cotton bud hingga ear candle. Mengorek dengan cotton bud dapat berisiko melukai telinga sampai mendorong kotoran masuk terlalu dalam, sehingga semakin sulit dikeluarkan.

Selain itu, hindari pula metode pembersihan menggunakan kapas biasa atau jari. Alih-alih menggali kotoran yang ada, hal ini juga berisiko mendorong kotoran lebih dalam.

Cara mengeluarkan kotoran telinga secara alami bisa dengan menggunakan baking soda. Bahan pengembang kue ini rupanya juga dapat diandalkan untuk membersihkan kotoran telinga yang keras.

Caranya, larutkan setengah sendok teh baking soda ke air hangat secukupnya. Kemudian, masukkan air campuran tersebut ke botol tetes dan teteskan ke saluran telinga. Anda dapat meneteskan sekitar 5-10 tetes.

Baca juga : Keluarkan Sperma Setiap Hari Ada Efek Sampingnya Lho, Baca Ini

Lalu, tunggu sekitar satu jam dan bilas telinga dengan air bersih. Anda dapat melakukan ini sekali sehari sampai kotoran telinga hilang. Namun, jangan lakukan ini secara terus-menerus sampai dua minggu.

Cara mengeluarkan kotoran telinga tanpa dikorek selanjutnya adalah menggunakan tetesan minyak kelapa. Minyak ini dapat melunakkan kotoran telinga yang keras, sehingga mudah dikeluarkan.

Caranya pun sederhana. Anda hanya perlu meneteskan beberapa tetes minyak kelapa ke telinga dalam posisi kepala dimiringkan. Lalu, tunggu sekitar lima menit. Cara ini dapat dilakukan sehari sekali. (KRO/RD/CNN)