Ini Manfaat Angkat Kaki ke Tembok Bagi Kesehatan

9

RADARINDO.co.id : Meski terbilang agak tidak masuk akal, namun mengangkat kaki ke atas dan menyandarkan kaki di tembok memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Gaya ini akrab disebut sikap lilin atau legs up the wall.

Legs Up the Wall juga menawarkan ketenangan. Dalam bahasa Sansekerta dan di dunia yoga dikenal sebagai viparita karani dan berarti beraksi terbalik. Melansir cnnindonesia, berikut beberapa manfaat angkat kaki ke tembok bagi kesehatan.

  1. Meringankan rasa sakit dan kelelahan otot

Kaki, tungkai, dan tulang belakang adalah struktur penahan beban yang berfungsi untuk menahan. Saat kita menghilangkan beban pada struktur ini (seperti dengan berbaring atau mengangkat kaki ke dinding), otot yang bersangkutan dapat beristirahat, mengurangi kelelahan dan kemungkinan rasa sakit yang terkait dengan kelebihan beban atau kerja berlebihan pada jaringan.


Baca juga : Ini Makanan Rendah Gula yang Aman Bagi Penderita Diabetes

  1. Mengurangi peradangan pada kaki

Gravitasi dapat menyebabkan darah dan cairan lain menggenang di tungkai, pergelangan kaki, dan kaki. Anda dapat melawan tarikan ini dengan meninggikan kaki Anda dalam pose Legs Up the Wall. Hal ini memungkinkan gravitasi untuk menarik cairan yang menumpuk dari kaki ke bawah menuju panggul dan batang tubuh.

  1. Mengurangi stres

Saat Anda mengalami stres, respons melawan-atau-lari sistem saraf menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon stres seperti adrenalin dan kortisol. Olahraga, meditasi, dan postur pemulihan apapun termasuk Legs Up the Wall, dapat menghilangkan stres.

  1. Meredakan sakit kepala

Penelitian telah menemukan bahwa yoga dapat meredakan sakit kepala tipe tegang dan bahkan mungkin migrain. Itu karena stres sering kali menjadi pemicunya.

  1. Mengurangi kram menstruasi

Penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat secara signifikan mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi. Para peneliti masih mencoba untuk menentukan alasan fisiologisnya, namun hipotesis umum adalah bahwa yoga meningkatkan aliran darah ke area panggul tanpa menyebabkan terlalu banyak stres seperti halnya olahraga berat. (KRO/RD/CNN)