Inilah Negara Melarang Penduduknya Merokok

631

RADARINDO.co.id-Medan : Lain lubuk tentu lain pula ikanya, lain negara lain pulak aturanya, setidaknya untaian bait kata ini menyimpulkan adanya suatu perbedaan hal yang lumrah.

Ada beberapa negara yang melarang keras penduduknya merokok. Hal ini sangat menarik untuk dibahas. Kita tahu bahwa kebiasaan merokok sudah ada sejak zaman dahulu dan hingga kini.

Baca juga : Kapolda Sumut Tinjau Langsung Jalinsum Labuhan Batu


Bahkan saat ini jumlah para perokok sangat banyak di dunia. Sebenarnya, merokok hanya mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan. Terutama kesehatan paru-paru.

Dampak rokok ini tidak hanya kepada perokoknya saja, namun juga orang-orang di sekitarnya. Ada beberapa negara yang dengan keras melarang penduduknya untuk merokok diantaranya adalah:

1. California, sejak tahun 1993 memiliki aturan yang ketat terhadap perokok. Negara bagian Amerika Serikat ini menetapkan jarak merokok hingga 1,5 meter di luar gedung. Lalu larangan tersebut bertambah menjadi 6 meter.
Bahkan, di beberapa tempat seperti bar, restora, ruang kerja, hingga pantai adalah tempat yang dilarang untuk merokok.

2. Singapura, dikenal dengan ketatnya aturan kebersihan dan merokok. Harga rokok juga cukup tinggi dan pemerintah Singapura akan memberikan sanksi pada siapa saja yang berani menyelundupkan rokok.

3. Kanada menjadi negara bebas asap rokok dan memiliki larangan untuk tidak merokok di bar dan restoran lokal. Tak heran jika saat ini banyak turis datang ke Kanada untuk bisa menghirup udara segar.

4. Otlandia telah menerapkan larangan untuk memajang rokok di seluruh toko dan meninggikan harga rokok. Hal ini dilakukan karena pemerintah Skotlandia sangat memperhatikan kesehatan anak-anak mudanya.

5. Argentina, sejak tahun 2006 melarang adanya aktivitas merokok pada tempat umum, bar, dan juga restoran. Tak hanya itu, pemerintahnya juga membuat undang-undang pelarangan iklan tempakau di tempat umum.

6. Selandia Baru memiliki rencana jangka panjang untuk menghilangkan rokok dari negaranya. Salah satu cara yang dilakukan pemerintah Selandia Baru adalah dengan menaikkan harga rokok terus menerus.

Baca juga : Humas Polda Sesalkan: Pendeta dan Polwan Berduaan Digerebek di Pastori

Beberapa negara memberi larangan keras bagi perokok, sedangkan negara lainya larangan tersebut tidak sekeras negara yang disebutkan diatas.

Alasanya karena pendapatan cukai rokok yang sangat tinggi sehingga dapat menambah sektor PAD bagi negara. (KRO/RD/okt)