Kades Manunggal Lakukan Penataan Wilayah

92

RADARINDO.co.id-Labuhan Deli : Kepala Desa (Kades) Manunggal, Mukhlisin melakukan penataan di wilayah kerjanya agar tampak lebih indah. Hal itu dilakukan di pinggir lapangan Sepak Bola Jalan Veteran Dusun IX Desa Manunggal Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, dan telah diatur di dalam Peraturan Desa (Perdes).

Baca juga : Bupati Samosir Pimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Aquabike Indonesian Championship Series 2

Penataan wilayah berupa mendirikan puluhan stand/kios tempat berjualan bagi masyarakat itu dilakukan secara bertahap mengingat keterbatasan sumber anggaran.

“Pembangunan kios-kios itu kita lakukan secara bertahap karena keterbatasan dana. Untuk sementara ini yang sudah dibangun sekitar 10 kios. Kalau sudah ada lagi dananya baru kita lanjutkan lagi pembangunannya,” ujar Kades Mukhlisin kepada RADARINDO.co.id di kantornya, Rabu (29/5/2024).

Dikatakannya bahwa sumber pendanaan untuk pembangunan kios-kios tersebut adalah bersumber dari dana Bagi Hasil Pajak (BHP), “Sumber dananya dari BHP sekitar Rp 100 juta. Dan nanti kalau sudah siap akan dikelola oleh Bumdes (Badan Usaha Milik Desa-red),” terang Mukhlisin sembari mengatakan tidak menggunakan sumber keuangan dari Dana Desa (DD) agar tidak merepotkan.

Baca juga : Kapoldasu: Medan Adalah Etalase Sumut

Dikatakan juga bahwa nantinya kios-kios itu akan disewakan per tahun kepada masyarakat yang ingin berjualan. “Kita sewakan nanti dengan harga sewa Rp 6 juta/kios pertahun. Dan yang jualan nanti jangan jualan baju lagi karena nampak semrawut, kalau bisa jualan yang lain seperti kosmetik, makanan dan HP. Kalau yang sudah ada jualan baju ya sudahlah tapi jangan ditambah lagi,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Dusun IX Sofyan, sangat mendukung kegiatan tersebut. “Saya selaku Kepala Dusun di lokasi itu sangat mendukung. Dan bisa dibilang saya pengamanan lah disitu,” ujar Sofyan.

Pantauan RADARINDO.co.id, tampak kios-kios yang sudah dibangun itu berukuran sekitar 3×3 M2 memanjang mengikuti jalan dan dicat warna hijau. Posisinya persis dipinggir lapangan sepak bola Pasar 7 dan pinggir Jalan Veteran. (KRO/RD/Ganden)