Ketua PKBM Ziona Berikan Kartu Peserta Uji Kesetaraan untuk Anak Panti Asuhan

151

RADARINDO.co.id – Nias : Uji Kesetaraan (UK) akan diikuti oleh peserta pendidikan kesetaraan paket A (Setara SD) dan Paket B (Setara SMP) yang akan dilaksanakan pada 20-21 Mei 2023 mendatang.

Atas dasar itu, Ketua PKBM Ziona, Rido Waruwu menyerahkan kartu peserta Uji Kesetaraan (UK) kepada 3 orang anak panti asuhan di Panti Asuhan Karya Faomasi Zoaya.

Baca juga : Jampidum Setujui 12 Pengajuan Restorative Justice

“Sebelumnya, ketiga anak tersebut telah terdaftar sebagai peserta pendidikan kesetaraan paket A dan B di PKBM Ziona, dan pada tahun 2023 ini akan menamatkan studinya maka pada kesempatan ini saya menyerahkan kartu UK sebagai persyaratan untuk dapat masuk ruang ujian nantinya,” ujar Rido, Selasa (16/5/2023).

Sebelumnya, PKBM Ziona telah bekerjasama dengan Panti Asuhan Karya Faomasi Zoaya dalam bidang pendidikan, salah satunya memberikan kesempatan kepada anak-anak panti asuhan yang putus sekolah untuk menempuh pendidikan kesetaraan di PKBM Ziona.

Hal ini dilakukan sebagai upaya PKBM Ziona untuk memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat terlebih generasi muda agar mendapatkan hak pendidikannya, khususnya anak-anak panti asuhan yang saat ini masih kurang beruntung karena kondisi fisik terbatas.

“Jadi harapannya, dengan mengikuti pendidikan kesetaraan, anak-anak di panti asuhan dapat memiliki hak dan kesempatan yang sama dengan anak-anak lainnya bahkan dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,” katanya.

Baca juga : SesJAM Pembinaan Laporkan Hasil Musrenbang Kejaksaan RI

Rido menuturkan, hal berkesan pada saat pembagian kartu UK, tampak anak-anak bahagia dan semangat untuk mengikuti ujian. Walaupun dengan berbagai keterbatasan fisik, namun semangat mereka berkobar untuk belajar.

Sr. Klara Duha mengucapkan terimakasih kepada PKBM Ziona yang telah memberikan kesempatan kepada anak-anak panti asuhan untuk kembali memperoleh hak pendidikannya, dan berharap masa depan anak-anak panti asuhan semakin baik. (KRO/RD/RW)