Merasa Dicurangi, Enam Casis Polwan Poldasu Ngadu ke Mabes Polri

74

RADARINDO.co.id – Medan : Tak terima karena merasa dicurangi, sedikitnya enam calon siswa (casis) Polwan Polda Sumut yang gagal seleksi kesehatan jiwa (Keswa) mengadu ke Mabes Polri.

Baca juga : Dianiaya Genk Motor, Dua Warga Masuk IGD

Keenam casis Polwan tersebut yakni Sukma Eka Wiana, Fatha Inaya Siagian, Clara Rosa Prilia, Chrisna Putri Hutabarat, Amanda Dian Pulungan, dan Maria Rosida Febriyanti Sinaga.

Menurut kuasa hukum para casis, Jonen Naibaho, pihaknya telah datang ke Mabes Polri pada, Senin (03/7/2023). Kedatangan mereka ke Mabes untuk mengadu ke Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait adanya kecurangan penerimaan casis di Polda Sumut.

“Kami datang ke Mabes Polri resmi membuat laporan kepada Kapolri, terhadap ada dugaan kecurangan penerimaan casis Polwan di Polda Sumut,” kata Jonen, Rabu (05/7/2023) melansir tribunmedan.com.

Menurutnya, sebelum melaporkan kasus tersebut ke Mabes Polri, pihaknya sudah bertemu dengan Karo SDM Polda Sumut, untuk mempertanyakan dugaan kecurangan tersebut.

“Kemarin sudah pernah kami bertemu dengan Karo SDM, dimana pertemuan tersebut kami hanya meminta dua poin, terkait ada casis yang dinyatakan tidak memenuhi syarat pada saat tes Keswa. Dimana panitia menyimpulkan bahwa orang itu tingkat kebohongannya sampai 80 persen, jadi dinyatakan tidak bisa lulus,” sambungnya.

Jonen menyampaikan, pernyataan dari panitia tersebut dianggap janggal. Sebab, para casis polwan yang dinyatakan gagal tersebut mampu menjawab semua soal ujian. “Dimana pada saat ujian orang itu disuruh merubah jawaban dan ketika pada saat ujian ada panitia mengatakan kalian semua pembohong,” ujarnya.

Baca juga : Kejagung Periksa Saksi-saksi Terkait Dugaan Korupsi Emas

Dikatakannya, kejanggalan lain yang mereka temukan ketika pihaknya meminta supaya di scan hasil ujian dari keenam casis tersebut. “Ketika itu di scan hasilnya keluar, namun disitu jurusan mereka IPA dibikin IPS. Kita patut menduga hasil yang dikeluarkan itu bukan hasil yang dikerjakan oleh casis tersebut,” bebernya.

Diharapkan, setelah melaporkan kasus tersebut ke Mabes Polri kasus tersebut diselidiki dan dilakukan pemeriksaan terhadap para panitia penerimaan casis Polda Sumut. Sebelumnya, enam orang calon siswa (casis) Polwan, mendatangi panitia penerimaan anggota Polri 2023, Polda Sumut. Para casis ini dinyatakan tidak lolos, setelah mengikuti tes Kesehatan Jiwa pada 12 Juni 2023 lalu. (KRO/RD/TRB)