Pemkab Samosir Gelar Rakor Persiapan Pelaksanaan Event Internasional

11

RADARINDO.co.id – Samosir : Menjelang pelaksanaan event internasional, Pemkab Samosir menggelar rapat koordinasi (rakor), di aula kantor Bupati Samosir, Kamis (13/7/2023).

Baca juga : Bunda PAUD Humbahas Tinjau Implementasi Transisi PAUD-SD

Rakor tersebut dilakukan sebagai upaya persiapan serta untuk meningkatkan peran serta stakeholder pelaku wisata dan pemerintah dalam mensukseskan event bertaraf internasional di Kabupaten Samosir.

Berbagai event yang akan digelar antara Bulan Agustus-Desember 2023 yaitu, Medan House Harriers (4-5 Agustus), Samosir Music Internasional (25-26 Agustus), Aquabike World Championship (22-26 Nopember), Lake Toba Duathlon (Run and Bike), Lake Toba Tourism Awards 2023/2024.

Selain itu, juga dibahas persiapan Workshop Ekonomi Kreatif Seni Pertunjukan, Penilaian Anugerah Desa Wisata Hariarapohan serta Evaluasi dan Validasi Tim Unesco Caldera Toba.

Baca juga : Bupati Humbahas Buka Pelatihan Pembelajaran Matematika Gasing Lanjutan

Pj Sekda Samosir, Naslindo Sirait mengatakan, perlunya integrasi semua OPD dan pelaku wisata dalam mensukseskan event tersebut.

“Saya merasa bahwa Samosir beruntung, memilki potensi yang sangat luar biasa diciptakan Tuhan. Dengan potensi yang sangat besar akan sia-sia jika tidak dipromosikan dengan segala daya tariknya. Maka kita harus saling membantu dan menunjukkan peran untuk kesuksesan event-event ini,” ucap Naslindo. Naslindo menekankan perlunya pembenahan fasilitas toilet, panggung di Open Stage Tuk-tuk Siadong, jalan lingkar Tuk-tuk. “Pastikan pelaksanaan event  seapik mungkin, menjaga kebersihan termasuk promosi lewat media. Wisatawan datang, kita harus mendapat keuntungan melalui pelaku UMKM, perhotelan, trasnportasi dan usaha lainnya,” kata Naslindo menutup.
(KRO/RD/P Simbolon)