Perempuan Juragan Dekorasi, Maju Caleg Dapil I Padang Sidempuan

100 views

RADARINDO.co.id-Psp: Salah satu pengusaha wanita sukses di Padang Sidempuan, Saripah Hanum Lubis alias Ipeh, punya misi membawa perubahan hidup di kalangan UMKM Kota Padang Sidempuan.

Guna memuluskan niatnya membawa perubahan nasib bagi UMKM, Saripah Hanum Lubis harus berkiprah di dunia politik dengan bertarung memperebutkan kursi DPRD Kota Padang Sidempuan.

Baca juga : Kapolda Sumut Ajak GP Ansor Ciptakan Suasana Damai


Wanita kelahiran 46 tahun silam di Kota Padang Sidempuan itu, sudah membulatkan tekad untuk maju menjadi anggota DPRD Kota Padang Sidempuan. Ia akan bertarung dari Kecamatan Padang Sidempuan Utara dan Hutaimbaru atau Dapil I.

Lulusan SMAN 3 Kota Padang Sidempuan pada 1996 silam ini, terdaftar sebagai Caleg dari PDI Perjuangan nomor urut 2 dari Dapil I. Dengan harapan, segala aspirasi maupun keluhan pedagang, dapat ia perjuangkan secara konstitusional.

“Rekan-rekan dari UMKM dan pedagang kaki lima, dari segi ekonomi masih sangat memprihatinkan. Untuk itu, kami hadir ingin memperjuangkan hak-hak mereka agar lebih baik,” ujar istri Aiptu Risdianto Lubis itu.

Owner CV Borlub Decoration dan CV Imah Boutiqe ini, sudah puluhan tahun berkiprah di dunia usaha. Setidaknya, ia sudah jalani usaha di bidang kuliner, konveksi, hingga Even Organizer (EO) selama puluhan tahun lamanya.

Berbagai usahanya itu, juga sudah cukup punya nama di Kota Padang Sidempuan dan Tapanuli Selatan. Makanya, tak jarang, pemerintahan, atau swasta, juga kerap menggunakan jasa usahanya. Khususnya di bidang EO.

“Oleh karena itu, saya tahu betul, gimana rasanya menjadi seorang pedagang. Di dunia kuliner saya sudah geluti 21 tahun. Lalu, konveksi 10 tahun. Dan, EO 6 tahun belakangan,” imbuh Ibu 5 anak itu.

Menurutnya, perjuangan bagi masyarakat, akan lebih mudah jika menyuarakannya lewat anggota Dewan. Ia yang selama ini tinggal di Jalan KH Hasyim, No. 4, Kota Padang Sidempuan, kerap melihat hari-hari pedagang di Pasar Sangkumpal Bonang.

Baca juga : Polda Sumut Gelar Razia di Perbatasan dan Tempat Hiburan Malam

“Saya sering bercerita dengan pedagang, karena kebetulan dekat rumah saya. Rata-rata, keluhan mereka ingin berdagang dengan aman dan layak. Maka, ini harus kita perjuangkan. Mereka harus dapatkan tempat layak untuk berdagang,” tuturnya.

Selama ini, ucapnya, sering kali pedagang kaki lima merasa tak nyaman berdagang lantaran terbentur peraturan karena berjualan di tempat yang tidak semestinya. Maka, harus ada tempat layak dengan biaya sewa seminim mungkin bagi pedagang.

“Sehingga mereka bisa berkembang dan lebih maju serta yang pasti, terbebas dari jeratan hutang,” terang Sekjen Alumni ’96 SMA Negeri 3 Kota Padang Sidempuan.

Kepada wartawan, ia juga menjelaskan bagaimana trik untuk sukses menjadi pengusaha, yaitu dengan selalu memperbanyak pergaulan hingga bisa mendapat kepercayaan dari pelanggan. Sebab, tanpa itu semua, mustahil usaha itu dapat berkembang.

“Alhamdulillah, masih dapat kepercayaan dari pelanggan,” ucap buah hati pasangan Fahri Lubis dan Rosmawar Lubis itu.

Memang, bakatnya di dunia usaha terlahir dari kedua orang tuanya. Ayahnya yang terkenal di Pajak Ikan dengan sebutan “Si Pelle” merupakan seorang pedagang. Dan Ibunya, merupakan pengusaha di bidang hasil bumi.

“Pesan orang tua saya yang masih saya pegang, yaitu hidup ini cuma sekali, maka selalu giat berusaha dan jangan lupa untuk bermanfaat bagi orang seluas-luasnya,” tutur Ipeh.

Wanita yang saat ini menjabat Ketua PAC PDI Perjuangan Padang Sidempuan Utara ini juga aktif di bidang kemanusiaan. Tercatat, ia aktif mendukung kegiatan di Lembaga Burangir yang konsern akan perlindungan perempuan dan anak di Kota Padang Sidempuan.

Oleh karenanya, bakat pengusaha harus muncul sejak dini. Di mana, ia mempunyai keinginan menyelamatkan generasi dari bahaya narkoba dan perjudian. Solusinya, harus ada program-program peningkatan kemampuan menjadi pengusaha.
“Sehingga, para muda-mudi bisa fokus di dunia usaha untuk masa depan yang lebih baik,” tandasnya.(KRO/RD/AMR)