Peringati Hari Lahir Pancasila, Pemkab Batu Bara Gelar Upacara

11

RADARINDO.co.id – Batu Bara : Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Batu Bara menggelar upacara di Lapangan Bola Kaki Blok 8, Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh, Sabtu (01/06/2024).

Baca juga : Pj Bupati Batu Bara Ajak Terapkan Pola Hidup Sehat

Pada upacara itu Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul, S.E, M.M menjadi Inspektur Upacara yang diikuti Sekda Batu Bara Norma Deli Siregar, para Kepala OPD, TNI/Polri dan ASN se – Kabupaten Batu Bara.

Peringatan hari lahir pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia dalam amanatnya yang dibacakan oleh Pj. Bupati Nizhamul, menyampaikan bahwa hari lahir pancasila adalah hari ketika bung karno, sebagai proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa, pertama kali memperkenalkan pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Baca juga : Peringati HUT ke-28 PTPN Group, Kebun Tonduhan Bagikan Puluhan Paket Sembako

“Keberadaan pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika,” ungkap Pj. Nizhamul.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, dirinya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Setelah selesai Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila kegiatan dilanjutkan dengan tanda tangan MoU BNN dengan TP. PKK serta penyerahan SK Ikatan Dinas STTD sebanyak 5 orang dan penyerahan SK CPNS menjadi PNS Formasi Umum Tahun 2021 sebanyak 50 orang. (KRO/RD/DHASAM)