Pj Bupati Batu Bara Ajak Terapkan Pola Hidup Sehat

13

RADARINDO.co.id – Batu Bara : Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara, Nizhamul, S.E, M.M mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Batu Bara untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam mensukseskan program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

Baca juga : Peringati HUT ke-28 PTPN Group, Kebun Tonduhan Bagikan Puluhan Paket Sembako

Hal itu dikatakannya saat menghadiri acara pelaksanaan gebyar Inspeksi Visual Asam Asetat (Iv-a) Test, yang digelar di Puskesmas Labuhan Ruku, Kecamatan Talawi, Sabtu (01/06/2024).

IVA test adalah deteksi dini kanker serviks dengan sebuah metode. Metode ini dilakukan dengan mengoleskan asam asetat ke leher rahim, kemudian setelah itu dapat disimpulkan hasilnya apakah normal atau tidak, untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Dalam sambutannya Nizhamul mengatakan
mencermati perkembangan kasus kanker yang dialami para wanita usia subur saat ini, tentunya sangat mengkhawatirkan dan dapat berdampak pada aspek kesehatan, sosial, budaya dan ekonomi masyarakat.

“Dua dari sekian banyak jenis kanker yang kerap menyerang wanita usia subur adalah kanker payudara dan kanker leher rahim (kanker serviks),” ucap Pj. Nizhamul.

Baca juga : PT Pelabuhan Indonesia Regional l Raih Peringkat lll BUMN

Menurutnya, kanker itu dapat dikendalikan dan diobati, dengan syarat harus dilakukan melalui upaya deteksi dini secara teratur, sehingga sekitar 90% bisa dikendalikan dan peluang kesembuhan kanker payudara dan kanker leher rahim dapat meningkat.

“Semakin cepat kanker terdeteksi, maka pengobatan yang dibutuhkan menjadi lebih mudah dengan biaya rendah dan akan meningkatkan angka harapan hidup yang lebih tinggi,” lanjut Pj. Nizhamul.

Pemerintah Kabupaten Batu Bara senantiasa berkomitmen untuk melindungi masyarakatnya, terkhusus pada kelompok wanita usia subur.

Secara masif, setiap tahunnya Kabupaten Batu Bara melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim melalui Sadanis dan Iv-a Test terhadap wanita usia subur (usia 30-50 tahun) atau di bawah 30 tahun yang sudah melakukan hubungan seksual.

Pada kesempatan tersebut Kepala Cabang Bank Sumut Lima Puluh juga menyerahkan paket sembako sebesar Rp. 50.000.000 kepada TP PKK Batu Bara dan diserahkan secara simbolis oleh Pj. Nizhamul Kepada masyarakat. (KRO/RD/DHASAM)