Pj Bupati Batu Bara Instruksikan Perangkat Daerah Pastikan Pembayaran PBB-P2

16

RADARINDO.co.id – Batu Bara : Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul, S.E, M.M., menginstruksikan seluruh perangkat daerah Kabupaten Batu Bara untuk memastikan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang menjadi kewajibannya.

Baca juga : Bupati Tapsel Sampaikan Pencapaian Target Penurunan Stunting

Hal itu disampaikan Pj. Nizhamul saat evaluasi capaian target retribusi daerah Kabupaten Batu Bara tahun 2024 dan rekonsiliasi realisasi, penilaian PBB-P2 dan Pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) tahun 2024 serta pemberian reward atas capaian realisasi PBB-P2 tahun 2023 di Aula Kantor Bupati Batu Bara, Kecamatan Lima Puluh, Rabu (05/06/2024).

“Jika masih ada ASN, non ASN dan perangkat desa yang belum membayar PBB-P2 tahun 2024, berikan teguran secara lisan agar segera melakukan pembayaran. Kepada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Batu Bara, saya perintahkan agar melakukan monitoring terhadap pembayaran PBB-P2 dari aparatur pemerintah dan masyarakat Kabupaten Batu Bara, serta berkoordinasi dengan Inspektorat dalam mengevaluasi bagi yang tidak mengindahkan imbauan saya,” tegas Pj. Nizhamul.

Hal itu demi menunjang peningkatan PAD dari sektor PBB-P2 Pemkab Batu Bara sehingga diterbitkan Surat Edaran Bupati Batu Bara Nomor 900/1.13.1/2658/2024 tentang pembayaran PBB-P2 PNS, P3K, kepala desa, perangkat desa dan tenaga honorer di Lingkungan Pemkab Batu Bara.

Baca juga : Polisi Gerebek Dua Lokasi Pabrik Oli Palsu

Selain itu, dalam rangka pelayanan tertib administrasi, Pemkab Batu Bara juga menerbitkan Surat Edaran Bupati Batu Bara Nomor 900/1.13.1/1610/2024 tentang kewajiban melampirkan bukti lunas pembayaran PBB-P2 dalam setiap pelayanan administrasi di Lingkungan Pemkab Batu Bara. Hal ini demi memotivasi dan mendorong kesadaran masyarakat dalam melakukan pembayaran PBB-P2 secara tertib dan tepat waktu.

Untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pembayaran PBB-P2, PT. Bank Sumut hadir di desa-desa se-Kabupaten Batu Bara dengan produk Sumut Link.

“Saya berharap dengan adanya Sumut Link di desa, masyarakat dalam pembayaran PBB-P2 akan mendapatkan kemudahan dan meningkatkan penerimaan capaian realisasi PBB-P2 di setiap desa,” harap Pj. Nizhamul.

Diakhir acara, Bapenda yang berkolaborasi dengan PT. Bank Sumut memberikan reward capaian realisasi PBB-P2 tahun 2023 kepada 11 perusahaan. Tiga diantaranya yakni PT. Inalum, PT. Pelindo dan PT. Muli Nabati Asahan. (KRO/RD/DHASAM)