Pohon untuk Penghijauan Ditebang Warga, Kades Sei Baharu Lapor Polisi

136

RADARINDO.co.id-Hamparan Perak : Hamparan Perak Sekitar 5 batang pohon Mahoni yang berada di Jalan Benteng Paya Karang Dusun IV Desa Sei Baharu Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang, ditebang warga setempat.

Baca juga : Eks Gubernur Aceh Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Perkebunan

Penebangan pohon untuk penghijauan itu, membuat Kepala Desa (Kades) Sei Baharu, Suryaman, menjadi berang hingga akhirnya melaporkannya ke pihak berwajib, Kamis (02/11/2023).

“Saya tadi ikut mendampingi pak Kades ke Polres Pelabuhan Belawan untuk membuat laporan. Tapi kami diarahkan balik lagi ke Polsek Hamparan Perak. Dan di Polsek saya gak ikut masuk. Cuma pak Kades aja yang masuk ke dalam jadi saya gak tau apakah laporan kami sudah diterima atau bagaimana,” ujar Kepala Dusun (Kadus) IV, Anhar di kantor Desa Sei Baharu Jalan P. Usman.

Menurut Umar, pohon Mahoni itu awalnya ditanam oleh Kelompok Mangrove sekitar tahun 2013 lalu, dengan tujuan untuk penghijauan.

“Dulu tahun 2013 ada Kelompok Mangrove yang SK-nya dari pak Kades Suryaman untuk menanam pohon itu. Waktu itu sedang ada program.pemerintah untuk penanaman 1000 pohon,” tutur Anhar didamping Sekretaris Desa, Idaham dan beberapa perangkat Desa lainnya.

Namun lanjutnya, tidak diketahui atas dasar apa, dua orang warga setempat melakukan penebangan pohon tersebut tanpa izin atau koordinasi terlebih dahulu kepada pihak Desa Sei Baharu.

Anhar menyebut, ada oknum anggota DPRD Kabuoaten Deli Serdang berinisial A, dibalik aksi penebangan pohon tersebut.

Baca juga : Dirgahayu 64 Tahun MPW Pemuda Pancasila Sumut Abadi

Terpisah, seorang warga yang berada di sekitar lokasi penebangan pohon tersebut mengatakan bahwa penebangan pohon Mahoni dilakukan lantaran lokasi tersebut dianggap gelap dan kerap terjadi aksi tindak pidana perampokan.

“Pohon itu ditebang agar terang. Selama ini lokasi itu sering terjadi perampokan karena tempatnya gelap. Banyak warga yang tinggal di pemukiman didalam sana bekerja di pabrik yang lewat sini,” ujar warga yang tidak diketahui namanya itu.

Amatan media ini di lokasi penebangan pohon tersebut, tampak berjajar sekitar 40 pohon Mahoni disamping kanan kiri jalan Benteng dengan lebar jalan sekitar 3 meter tersebut. Pada bagian ujung barisan pohon tersebut tampak tergeletak sekitar 5 batang pohon Mahoni dengan batang berdiamter sekitar 30 cm.

Sementara itu, Kepala Desa Sei Baharu dan Kapolsek Hamparan Perak serta Anggota DPRD Deli Serdang dimaksud, belum dapat dikonfirmasi. (KRO/RD/Ganden)