Polres Sergai Cegah Perkelahian Antar Genk

40

RADARINDO.co.id – Sergai : Personil Polres Serdang Bedagai (Sergai) yang menggelar giat patroli malam, berhasil mencegah dan mengamankan remaja dari berbagai kecamatan di wilayah Sergai, saat membawa senjata tajam di kawasan Pintu tol Sei Rampah, Kamis (21/9/2023) pukul 00.10 wib dinihari.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta melalui Kabag Ops Kompol LS Siregar didampingi Kasat Reskrim, AKP J.H. Panjaitan di ruang Reskrim Polres Sergai, Kamis (21/9/2023).

Personel gabungan yang melakukan patroli, mendapat informasi ada beberapa kumpulan remaja yang menamakan diri nya genk motor dari Kecamatan Perbaungan, Teluk Mengkudu dan Sei Rampah akan melakukan penyerangan ke Dolok Masihul dan Tebingtinggi.
Patroli Polres Sergai yang berpakaian dinas dan preman, terdiri dari Satuan Fungsi (Satfung) berhasil melihat sekumpulan remaja naik sepedamotor knalpot blong, membawa senjata tajam persis di Dusun VI Desa Sei Rampah (Simpang Pintu Tol) menuju arah Tebing tingg, jelas Kabag Ops Polres Sergai.

Kasat Reskrim, AKP JH Panjaitan menambahkan, saat itu ada 12 unit sepedamotor yang dikendarai remaja datang dari arah Perbaungan atau sekitar 20 orang membawa senjata tajam.

“Persis di simpang Tol rombongan berhenti, dan beberapa remaja turun dan melakukan pelemparan kepada pengguna mobil dan sepeda motor yang melintas, bahkan ada yang melempar ke arah warga yang saat itu lagi duduk-duduk didepan rumahnya,” papar AKP JH Panjaitan.

Personel Polres Sergai berpakaian preman yang saat itu lagi patroli, langsung bertindak cepat dan berhasil mengamankan satu orang remaja berinisial SH (19) warga Kecamatan Perbaungan.

Dibantu warga, personel melakukan pengejaran dan kembali berhasil mengamankan pelaku T (17) dan AF (16) warga , Kecamatan Sei Rampah.

Saat melakukan penyisiran, kembali ditemukan AK (15) warga Kecamatan Perbaungan.

Hasil interogasi cepat kepada pelaku, kembali ditemukan dua orang diduga pelaku lainnya yakni O (23) dan A (21) keduanya warga Dusun 6 Rampah Kiri Desa Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah. Dari keduanya, personel berhasil menyita sebilah parang panjang.

Sedangkan dari AF disita 3 buah handphone dan 2 unit sepeda motor jenis Honda Legenda dan Honda CBR, paparnya.

“Semua terduga, langsung digiring ke Polsek Firdaus. Dari hasil interogasi, diperoleh informasi kalau remaja yang berasal dari tiga kecamatan itu akan melakukan penyerangan ke Dolok Masihul dan Kota Tebingtinggi,” ucapnya.

Berdasarkan pengakuan para pelaku, personel juga mengamankan I (14) warga Dusun 7 Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah yang saat itu mencoba bersembunyi di SPBU Desa Firdaus.

KBO Sat Reskrim Polres Sergai, Iptu E. Sidauruk lalu menggiring pelaku yang masih usia belasan itu, ke Reskrim Polres Sergai.

Terpisah, Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta ketika dikonfirmasi mengatakan, hasil patroli terbuka dan tertutup Polres Sergai ini akan terus ditingkatkan, dan pihaknya sudah mendeteksi para oknum genk motor ini dari beberapa wilayah atau kecamatan. “Personel terus bergerak, dan berdasarkan pengakuan para pelaku kita sudah punya data. Untuk pelaku yang dibawah umur, kita akan panggil orang tuanya, Kepala Desa dan Kepala Sekolah (jika masih berstatus pelajar) ke Polres Sergai, untuk membuat pernyataan. Bagi pelaku yang kedapatan membawa senjata tajam, tetap akan kita proses sesuai hukum karena jika terbukti bersalah, hukuman untuk anak juga ada bahkan rumah tahanannya juga ada,” tandas Kapolres. (KRO/RD/Mimah)