Polres Tapsel Tes Urine Pengemudi Angkutan Darat

9

RADARINDO.co.id-Tapsel: Jajaran Sat Resnarkoba Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), melak tes urine ke pengemudi angkutan umum darat, Jumat (05/04/2024) di Pos Pelayanan (Yan) Kelurahan Pal XI, Kecamatan Angkola Timur.

Baca juga : Kapolrestabes Medan Bersama DPW IWOI Sumut dan Pemilik Media Bukber

Kegiatan ini merupakan bagian dari Ops Ketupat Toba 2024. Selain Sat Resnarkoba, kegiatan ini juga menggandeng BNNK Tapsel dan pemerintah daerah setempat. Ops Ketupat Toba sendiri berlangsung sejak 4 hingga 16 April 2024.

Sebelum pelaksanaan tes urine, Kabag Ops Polres Tapsel, Kompol Sisworo, SH, MH, memberikan arahan kepada para personel yang terlibat. Selanjutnya, para personel menggelar tes urine terhadap sopir.

Kasat Resnarkoba Polres Tapsel, AKP Salomo Sagala, SH, menyampaikan, tes urine ini berlaku, baik kepada kendaraan pribadi maupun kendaraan umum untuk memastikan sopir tidak mengkonsumsi obat terlarang serta untuk memastikan kesehatan sopir saat membawa penumpang.

Baca juga : BUMN PTPN IV PalmCo Regional 1 Berangkatkan 500 Pemudik

Selain melaksanakan test urine juga melakukan pengecekan terhadap kendaraan pribadi maupun umum. Setidaknya, ada 40 pengemudi kenderaan yang mengikuti kegiatan tes urine ini. “Dari 40 sopir yang kita lakukan tes urine, semuanya negatif narkotika,” kata Kasat.

Lebih jauh, Kasat menerangkan, pihaknya juga tidak ada menemukan barang bukti terkait peredaran narkotika selama razia itu. Selain pelaksanaan tes urine, pihaknya juga melakukan pengecekan hal lain.

“Misalnya, ban, rem, hingga kelayakan jalan. Tujuannya, untuk menjaga keamanan dan keselamatan kendaraan. Serta, para penumpang agar tidak terjadi kecelakaan dari faktor human error,” tandasnya. (KRO/RD/AMR)