PTPN III Luncurkan Bibit Unggul Hasil Riset IP & FRI

63 views

RADARINDO.co.id-Jakarta: PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III bersama Perum Perhutani meluncurkan sejumlah bibit dan produk unggul perkebunan dan perhutanan.

Bibit dan produk tersebut merupakan hasil riset Indonesia Plantation & Forestry Research Institute (IP-FRI). Bibit dan produk unggul tersebut diharapkan mampu meningkatkan kapasitas produksi menjawab ancaman krisis energi dan krisis pangan.

Baca juga : Suami Hajar Berondong Muda Hingga “Moncrot” Ketahuan Mandi Bareng Istrinya di Hotel

Wakil Menteri BUMN I Pahala N Mansury mengatakan produk unggulan tersebut untuk meningkatkan produksi gula, kelapa sawit, hingga kayu. Ia juga berharap dapat menutupi berbagai kebutuhan pangan serta industri yang masih impor.


“Ke depannya tantangan food security dan juga energy security yang kita hadapi saat ini bisa menjadi solusi bagi Indonesia, harapannya ada pada Perhutani dan PTPN Group,” ujar Pahala dalam acara Launching Produk Unggulan Indonesia Plantation & Foresty Research Institute di Agro Plaza, Rabu (21/9/2022).

“Mengingat pada saat ini Indonesia setiap harinya mengimpor kurang lebih sekitar 300.000 barel minyak dalam bentuk produk maupun dalam bentuk minyak mentah,” terangnya sesuai dilansir dari IDXChanel.

Ditambahkanya, tantangan kedua adalah dalam hal food security. Indonesia saat ini mengimpor lebih dari 4 juta ton gula baik itu dalam bentuk gula konsumsi maupun juga gula industri.

“Dengan kekuatan Indonesia bisa memproduksi gula konsumsi, sehingga diharapkan dalam 5 tahun mendatang Indonesia sudah bisa mencapai swasembada gula konsumsi dan sebagian daripada kebutuhan industri juga bisa dipenuhi,” cetusnya lagi.

Sejumlah pihak menyambut baik peluncuran bibit unggul tersebut sehingga dapat menaikan produksi dan pendapatan.

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung rencana holding PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III untuk membangun tiga subholding.

Baca juga : Mengenang Sukirmanto Tokoh Jawa Pendiri Paguyuban Joko Tingkir Indonesia

Pahala Nugraha Mansury mengatakan, pihaknya sangat mendukung rencana PTPN III untuk membangun tiga subholding, yakni SugarCo, PalmCo, dan SupportingCo.

“Kita sangat dukung tentunya rencana PTPN grup untuk membangun tiga subholding,” ujar Pahala dalam acara Launching Produk Unggulan Indonesia Plantation & Forestry Research Institute di Agro Plaza, Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Melalui SugarCo, produksi gula bisa ditingkatkan dan beberapa produk turunan lainnya, seperti misalnya ethanol. Selain itu, produksi kedelai juga bisa meningkat melalui kegiatan produksi tumpang sari. (KRO/RD/IDXC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini