Target Cakupan IKD di Humbahas 35.516 Jiwa

52

RADARINDO.co.id – Doloksanggul : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) telah melakukan layanan Sistem Jemput Bola (SIJEMPOL) untuk produk baru aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) meliputi 10 kecamatan itu guna pemenuhan target kinerja 25% setiap kabupaten/kota se-Indonesia tahun 2023.

Baca Juga : Ketua PKBM Ziona Terima Kunjungan Pengurus PKBM Kreasi

Berdasarakan DKB (Data Konsolidasi Bersih) semester II tahun 2023, jumlah penduduk Kabupaten Humbang Hasundutan yang sudah melakukan perekaman dan memiliki e-KTP (usia 17 tahun ke-atas) sebanyak 142.061 jiwa, sehingga target cakupan IKD sebanyak 35.516 jiwa.

IKD menjadi salah satu inovasi Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri untuk digitalisasi dokumen kependudukan yang saat ini digunakan oleh penduduk Indonesia ke dalam android berupa photo ataupun QR-Code yang akan mempermudah masyarakat melakukan transaksi pelayanan publik (privat).

Kadis Dukcapil Humbahas, Jara Trisepto Lumbantoruan, S.Pd, MM, Selasa (04/4/2023)  menjelaskan, untuk percepatan capaian target IKD di Kabupaten Humbahas telah dilakukan realisasi seperti jemput bola di lingkungan OPD sejak 24 Oktober 2022 lalu.

Hal itu diawali dengan aktivasi IKD Sekda Drs Tonny Sihombing, M.IP dilanjutkan untuk ASN dan non ASN di lingkungan OPD Kabupaten Humbang Hasundutan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Baca Juga : Polresta Deli Serdang Amankan Ratusan Preman

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor : 470/418/Dukcapil/III/2023 tentang Aktivasi IKD bagi seluruh ASN/Non ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan untuk menjadi pelopor teladan di tengah-tengah masyarakat dalam penerapan IKD sehingga target dimaksud dapat terpenuhi. (KRO/RD/RS)