Turunkan Gula Darah Bagi Penderita Diabetes, Begini Caranya

228 views

RADARINDO.co.id-Medan: Diabetes atau sering disebut sakit gula salah satu penyakit paling menakutkan semua orang. Diabetes tidak memandang usia dan jenis kelamin.

Seseorang penderita diabetes harus menjaga pola makan dan minum. Ada makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah.

Berdasarkan penelitian, terbukti brokoli bisa menurunkan gula darah. Begini cara penyajian brokoli.

Baca juga : Pj. Bupati Kampar Membezuk Wartawan Senior Yang Terbaring Sakit


Penderita pradiabetes dan diabetes, diet merupakan bagian utama dari menurunkan gula darah yang sehat. Bisa mencoba brokoli yang efektif menurunkan gula darah.

Meski faktor-faktor, seperti berat badan, aktivitas, stres, dan genetika, juga berperan dalam pemeliharaan gula darah, melakukan diet sehat sangat penting untuk mengontrol gula darah.

Sementara brokoli dan beberapa sayur bisa berkontribusi pada fluktuasi gula darah, yang lain bisa mengoptimalkan kontrol gula darah sambil meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Mengutip Healthline, brokoli mengandung sulforaphane, yakni jenis isothiocyanate yang memiliki sifat penurun gula darah.

Sulforaphane dihasilkan ketika brokoli dicincang atau dikunyah karena reaksi antara senyawa glukosinolat yang disebut glukoraphanin dan enzim myrosinase. Keduanya terkonsentrasi di brokoli.

Penelitian atas hewan dan manusia menunjukkan, ekstrak brokoli kaya sulforaphane memiliki efek antidiabetes yang kuat, membantu meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi gula darah dan penanda stres oksidatif.

Kecambah brokoli adalah sumber glukosinolat terkonsentrasi seperti glukoraphanin, dan terbukti membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2 ketika diekstrak.

Banyak makanan dan minuman tradisional yang bisa membatu mengobati dan menurunkan kadar gula darah. Salah satunya minum air kelapa.

Penderita diabetes kerap was-was dengan kadar gula darah tinggi di pagi hari. Nah, begini cara menurunkan gula darah tinggi pada pagi hari buat orang-orang dengan diabetes, tak pakai obat.

Dikutip dari WebMD, saat bersiap untuk bangun di pagi hari, tubuh melepaskan gelombang hormon yang bisa bekerja melawan insulin dan menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Ini yang jadi kecemasan penderita diabetes. Kondisi tersebut bisa memengaruhi siapa saja, bukan hanya penderita diabetes.

Basanya, tidak menjadi masalah karena tubuh secara alami memproduksi insulin untuk memperbaikinya.

Kenaikan gula darah puasa pada dini atau pagi hari dikenal dengan istilah fenomena fajar atau dawn effect. Kondisi ini pada umumya terjadi antara pukul 02.00-08.00 Wib.

Namun, tubuh penderita diabetes mungkin tidak dapat merespons dengan cara yang sama. Ini bisa menghasilkan kadar gula darah yang tinggi secara konsisten di pagi hari.

Padahal, kenaikan kadar gula darah jika terjadi terus-menerus termasuk di pagi hari, hal itu bisa meningkatkan risiko komplikasi jangka panjang.

Cara menurunkan gula darah pada pagi hari Beberapa cara yang bisa diambil untuk menurunkan kadar gula darah pada pagi hari tanpa obat adalah melalui perbaikan gaya hidup dan perubahan pola makan.

Berikut adalah beberapa cara menurukan gula darah tinggi pada pagi hari adalah dengan membatasi asupan karbohidrat pada malam hari Melansir Very Well Health.

Diet memainkan peran utama dalam mengelola diabetes dan menjaga kadar gula darah yang sehat. Penderita diabetes harus memiliki pemahaman tentang makanan terbaik dan terburuk untuk penyakitnya.

Karbohidrat adalah bagian penting dari diet apa pun, tetapi mereka harus dimakan dalam jumlah sedang. Penting untuk dicatat bahwa tubuh mengubah 100 persen karbohidrat yang kita konsumsi menjadi glukosa.

Penderita diabetes didorong untuk dapat menggunakan penghitungan karbohidrat guna melacak berapa banyak karbohidrat yang dikonsumsi.

Batasi asupan karbohidrat pada malam hari sebelumnya. Perhatikan jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi saat makan malam atau sebagai camilan malam hari.

Porsi karbohidrat yang direkomendasikan untuk setiap orang berbeda dan tergantung pada berat badan, tingkat aktivitas, obat diabetes, dan tujuan kadar gula darah Anda.

Pedoman umum dari American Diabetes Association adalah 45-60 g karbohidrat setiap kali makan dan 15-20 g karbohidrat untuk setiap camilan.

Beberapa camilan yang baik yang bisa membantu mencegah kadar gula darah tinggi pada pagi hari antara lain buah dan sayur-sayuran Yoghurt bebas lemak.

Aatau rendah lemak Popcorn bebas lemak Granola rendah lemak Telur rebus Es loli beku bebas gula Apel kecil dan keju rendah lemak.

Olahraga sore Olahraga dapat menurunkan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin, yang memungkinkan tubuh menggunakan insulin dan glukosa lebih efektif, meningkatkan pergerakan glukosa selama dan setelah berolahraga.

Penelitian juga menunjukkan, olahraga aerobik intensitas sedang sebelum sarapan dapat mengurangi kenaikan glukosa darah pada pagi hari pada pasien diabetes tipe 2, sebagian menangkal fenomena fajar.

Perhatikan asupan lemak Lemak sehat adalah bagian penting dari diet sehat, tetapi mereka mungkin memiliki dampak negatif pada kadar gula darah.

Makan malam yang tinggi lemak dapat menunda kenaikan gula darah normal setelah makan hingga keesokan paginya. Hal ini terjadi karena lemak menyebabkan tubuh dan proses pencernaan melambat.

Karena makanan berlemak juga dapat menyebabkan obesitas, yang merupakan faktor risiko utama diabetes, mengonsumsi lebih sedikit lemak dan lebih banyak protein adalah pendekatan yang baik untuk seseorang yang hidup dengan diabetes.

American Diabetes Association merekomendasikan untuk memasukkan lebih banyak lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda daripada lemak jenuh atau lemak trans dalam diet.

Contoh lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda meliputi Alpukat minyak canola Kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, pecan, dan kacang tanah Minyak zaitun.

Selai kacang dan minyak kacang Ikan berminyak salmon, sarden, herring, mackerel, tuna. Kenari biji rami dan minyak biji rami.

Baca juga : Sugiatmi Ketua PD Sekar Mirah Medan Periode 2022 – 2027

Contoh lemak jenuh dan lemak trans yang harus dihindari adalah lemak babi Fatback dan babi asin Daging tinggi lemak seperti daging giling biasa, bologna, hot dog.

Sosis, dan bacon Produk susu tinggi lemak seperti keju penuh lemak, krim, es krim, susu murni, susu 2%, dan krim asam Mentega Saus krim Kuah yang dibuat dengan tetesan daging Kulit unggas Makanan olahan seperti makanan ringan seperti kerupuk dan keripik.

Makanan yang dipanggang kue kering, dan kue kering dengan minyak terhidrogenasi atau minyak terhidrogenasi. (KRO/RD/KTN)