Wakapolres Sergai Pimpin Rakor Operasi Mantap Brata Toba

23

RADARINDO.co.id – Sergai : Wakapolres Serdang Bedagai (Sergai) Kompol Damos C Aritonang S.I.K ,M.H memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Operasi Mantab Brata Toba Tahun 2024, Jumat (6/10/2023) di Aula TMC Polres Sergai.

Baca juga : Bupati Jember Didesak Evaluasi Tim KP3, Harga Pupuk Bersubsidi Tak Tepat Prinsip 6 T

“Rakor ini sebagai bentuk kesiapan kita bersama menjelang Pemilu serentak Tahun 2024 dengan harapan percepatan informasi terkait jalannya proses Pemilu bisa terkoneksi lewat adanya grub Watshapp yang didalamnya terdiri dari berbagai instansi,” ujar Wakapolres.

Sementara, Ketua Pengadilan Negeri Sei Rampah, Rio Barten ,S.H, menyampaikan dukungan terhadap Polres Sergai atas kegiatan Operasi Mantap Brata Toba Tahun 2023 – 2024.

“Kami berharap proses tahapan Pemilu Tahun 2024 dapat berjalan dengan baik tanpa adanya pidana pemilu yang tentunya dengan adanya kerjasama bagi kita untuk mencegahnya,” ujar Rio Barten.

Ditempat yang sama , Ketua Bawaslu Sergai, Ewin Sahputra Saragih ,S.Pd.I mengatakan, pengawasan jalannya proses tahapan Pemilu dilakukan maksimal dimana saat ini telah memasuki tahapan pencermatan Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Sergai.

Ewin menegaskan bahwa dalam pengawasan pihaknya akan mengutamakan pencegahan.

Dalam poin penting, mantan Panwaslu Kecamatan Silinda ini mengakui bahwa tantangan yang dihadapi Bawaslu dimana regulasi tidak berubah dimana tahapan saling beririsan.

Baca juga : Ketua PKBM ZIONA Terima Modul Matematika Hasil Karya Mahasiswa UNIAS

Transisi penyelenggara KPU dan Bawaslu lanjut Ewin, juga bagian dari tantangan yang harus dihadapi.

Selain Ketua Bawaslu, Ketua KPU Sergai Fuad Hasan Lubis ,S.Sos, M.Si juga berkesempatan menjelaskan terkait tugas dan progres yang sudah dilakukan.

Dalam kesempatan tersebut, Fuad merinci terkait jumlah daerah pemilihan dimana untuk Sergai berjumlah lima Dapil dengan jumlah kursi keseluruhan 45 kursi

“Sementara berdasarkan data ,jumlah Daftar Pemilih Tetap 482.433 pemilih,” ujar Fuad Lubis.

Sedangkan, ,Kompol L.S. Siregar ,S.H Kabag Ops Polres Serdang Bedagai merinci jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yakni sebanyak 1652 TPS.

Polres Sergai sudah menyediakan posko dan sudah melaksanakan latihan Sispamkota terhadap personel sebagai bentuk kesiapan menjelang Pemilu Tahun 2024 dengan kekuatan 436 personel dalam Ops Mantap Barta Toba dengan pola dua personel Polri mengamankan 12 TPS dengan 24 Linmas, jelas Kabag Ops. (KRO/RD/Mimah)