Walikota Padang Sidimpuan Tebar Benih Ikan di Lubuk Larangan Panyanggar

108

RADARINDO.co.id – Psp  : Walikota Padang Sidimpuan, Irsan Efendi Nasution SH, MM bersama anggota DPRD Padang Sidimpuan, Erpi Samudra dan Dinas Pertanian serta masyarakat Kelurahan Panyanggar, melakukan kegiatan tebar benih ikan nila dan ikan mas di Lubuk Larangan Panyanggar, Kecamatan Padang Sidimpuan Utara, Kamis (02/2/2023).

Baca juga : Menteri Desa Dukung PKBM Berperan Aktif Membangun SDM Pedesaan

Penyerahan dan penebaran benih ikan tersebut dilakukan usai Walikota menyerahkan Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) PTSL kepada 351 warga Kelurahan Panyanggar dan Kelurahan Timbangan.


Walikota menyampaikan bahwa Pemko Padang Sidimpuan selalu mendukung masyarakat yang serius membudidayakan ikan. Salah satu bentuk dukungan seperti memberi bantuan bibit ikan, induk ikan hingga pakan ikan kepada sejumlah warga atau kelompok tani.

“Sudah banyak kelompok tani maupun Lubuk Larangan yang telah kita tebar bibitnya, yang terakhir kita laksanakan di Kelurahan Sihitang Kecamatan Padang Sidimpuan Tenggara sebanyak 30.000 ekor bibit ikan lele hasil dari indukan yang kita beri bantuan kepada Kelompok Tani Bersama Kita Jaya sudah ditebar untuk proses pembesaran,” ucapnya.

Sementara lanjutnya, saat ini telah disiapkan 3.000 ekor. Diantaranya jenis ikan mas dan ikan nila. “Kita lepas semuanya. Ini juga untuk kampanye gemar makan ikan, melestarikan kearifan lokal masyarakat terhadap lubuk larangan dan mendukung ketahanan pangan lokal dari sektor perikanan air tawar,” katanya.

Baca juga : Polres Padang Sidimpuan Terima Predikat Zona Hijau Kualitas Tinggi

Walikota berharap kesinambungan pembudidayaan ikan air tawar di Kota Padang Sidimpuan harus tetap dijaga, karena dengan dijaganya kesinambungan budidaya dan pembibitan ikan ini nantinya dapat menyumbang tertekannya laju inflasi daerah.

Kadis Pertanian Kota P. Sidimpuan Edi Darwan Harahap mengungkapkan bahwa 3.000 bibit ikan nila dan ikan mas tersebut berasal dari Balai Benih Ikan Dinas Pertanian Kota Padang Sidimpuan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, anggota DPRD Erfi J Samudera, Kaban Bapelitbangda Drs M Yusar Nasution M.Pd, Kadis Kominfo Cahyo Budi  Susetyo ST, Camat Padang Sidimpuan Utara Nanda Alpina serta masyarakat Kelurahan Panyanggar. (KRO/RD/thoms)