Bupati Humbahas Pembina Upacara Ops Zebra Toba 2022 di Polres Humbahas

81

RADARINDO.co.id – Doloksanggul : Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE tampil sebagai pembina sekaligus pemimpin upacara apel gelar pasukan Ops Zebra Toba 2022 di Mapolres Humbahas, Senin (3/10).

Sedangkan Komandan Upacara Iptu Hendra Sembiring. Sebelum menyampaikan amanat Kapoldasu, Bupati Humbahas didampingi Iptu Hendra Sembiring memeriksa barisan pasukan dan menyematkan secara simbolis pita operasi Zebra Toba 2022 kepada perwakilan Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

Amanat Kapoldasu Irjen Drs. R. Z. Panca Putra MSi yang disampaikan Bupati Humbahas mengatakan apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi “Zebra Toba 2022”, baik pada aspek personel, sarana prasarana, termasuk keterlibatan seluruh unsur terkait.

Baca Juga : Walikota Psp Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2022

Sebagaimana diketahui bersama, permasalahan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas masih sangat memprihatinkan.

Hal tersebut tentu tidak terlepas dari rendahnya kesadaran (terhadap aturan berlalu lintas) dan kepatuhan para pengguna jalan, sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kerugian materiil maupun korban Jiwa.

Selama periode Januari-Agustus 2022, telah terjadi 4.306 kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan, korban meninggal dunia sebanyak 1.153 orang, korban luka berat sebanyak 1.443 orang, korban luka ringan sebanyak 4.786 orang serta kerugian materiil sejumlah Rp.11.355.120.000.

Menyikapi permasalahan tersebut sekaligus upaya peningkatan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas) jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023, Polda Sumatera Utara beserta jajaran menggelar operasi kepolisian mandiri kewilayahan dengan sandi “operasi zebra toba 2022”.

Pelaksanaan operasi akan berlangsung selama 14 hari terhitung mulai tanggal 3 – 16 Oktober 2022 dengan mengusung tema “tertib berlalu lintas guna mewujudkan kamseltibcar Lantas yang presisi”.

Operasi zebra toba 2022 merupakan operasi Harkamtibmas bidang lalu lintas, yang mengedepankan kegiatan pre-emtif dan preventif. Didukung pola penegakan hukum secara elektronik menggunakan etle statis dan mobile maupun teguran secara simpatik.

Pelaksanaan operasi zebra toba 2022 ini utamanya bertujuan untuk mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, mengurangi angka fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Sehubungan dengan tujuan operasi, bahwa sasaran operasi Zebra Toba 2022 yaitu segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata, yang menyebabkan kemacetan dan pelanggaran lalu lintas, baik sebelum, pada saat dan pasca operasi.

Melalui kesempatan ini Kapoldasu berharap seluruh personel yang terlibat dalam pelaksanaan operasi nantinya benar-benar memahami cara bertindak yang harus dilaksanakan, antara lain melaksanakan deteksi dini.

Penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi/tempat yang rawan terjadi kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang Kamseltibcarlantas melalui sosialisasi pada media cetak, elektronik maupun media sosial.

Melaksanakan edukasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas, melaksanakan penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas melalui pemberian tilang maupun teguran secara elektronik dengan etle mobile pada 7 (tujuh) prioritas pelanggaran.

Melaksanakan penegakan hukum dan penyidikan kecelakaan lalu lintas secara profesional, proporsional dan prosedural serta melakukan counter opini terhadap berita-berita hoaks di media sosial maupun media mainstream terkait operasi “zebra toba 2022”.

Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan ini, Kapoldasu menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas operasi zebra toba 2022 yaitu Pertama, laksanakan tugas secara profesional, bermoral dan humanis.

Kedua, optimalkan kegiatan analisa dan evaluasi secara rutin untuk mengukur tingkat keberhasilan dan menghasilkan solusi atas kendala yang dihadapi.

Ketiga, tingkatkan pengawasan dan pengendalian selama pelaksanaan operasi sehingga dapat mencegah segala bentuk penyimpangan yang bersifat kontra produktif.

Keempat, jadilah teladan dalam berlalu lintas dan senantiasa utamakan faktor keamanan dan keselamatan bagi diri sendiri serta masyarakat pengguna jalan lainnya.

Baca Juga : Camat Bersama Koorwil Dik Perhentian Raja Laksanakan Rapat Pembentukan Pengurus Kwarran Periode 2022-2025

Kapoldasu mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel TNI-Polri, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam operasi zebra toba 2022.

Semoga pengabdian tugas yang dilaksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

Apel gelar pasukan ini dihadiri Kapolres Humbahas AKBP Achmad Muhaimin SIK, Pabung 0210/TU wilayah Humbahas Mayor Ojak Simarmata, Kasi Pidum Kejari Humbahas Hiras A Silaban SH, Seketaris Umum MUI Humbahas SR Hutagalung dan lainnya. (KRO/RILIS/KOMINFO)