Bupati Samosir Apresiasi Pelaksanaan Pesparawi Tingkat Kabupaten Samosir Tahun 2023

77

RADARINDO.co.id-Samosir: Bupati Samosir melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Tunggul Sinaga, M.Si mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan Pesparawi (Pesta Paduan Suara Gerejawi) Kabupaten Samosir.

Baca juga : Team Karhutla Polsek Tambang Gerak Cepat Padamkan Api di Desa Rimbo Panjang

Hal itu disampaikan pada saat acara pembukaan Pesparawi Tingkat Kabupaten Samosir Tahun 2023, yang digelar di JTS Hotel Parbaba, Kecamatan Pangururan, Sabtu 30 September 2023.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gondang secara bersama-sama oleh Pj. Gubernur Sumatera Utara diwakili Analis Kebijakan Ahli Muda Biro Kesra Setdaprovsu Muhardinata, SE, M.Si, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Tunggul Sinaga, M.Si, Ketua Panitia Ria Gurning, Perwakilan LPPD Sumut Erab Manik, Forkopimda dan pimpinan denominasi Gereja yang hadir.

Pesparawi Kabupaten Samosir memperebutkan total hadiah sebesar Rp50 Juta, akan digelar selama 2 hari yakni acara pembukaan dan pelaksanaan lomba pada 30 September 2023 di JTS Hotel Parbaba dan acara penyerahan hadiah dan penutupan pada tanggal 1 Oktober 2023 di Gereja HKBP Pangururan Kota.

Acara pembukaan diawali dengan kebaktian dipimpin oleh Praeses HKBP Distrik VII Samosir Pdt. Rein Justin Gultom, S.Th, MA dan menyampaikan khotbah sesuai dengan Thema yaitu “Aku hendak Menyanyi Bagi Tuhan Selama Aku Hidup, Aku Hendak Bermazmur Bagi Allahku Selagi Aku Ada” (Mazmur 104 : 3).

Ketua Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Kabupaten Samosir Pdt. Buas Siahaan, S.Th dalam sambutannya mengapresiasi seluruh pihak yang sudah terlibat memberikan sumbangan materi dan moril sehingga Pesparawi Ini dapat terlaksana.

Ketua Panitia Pesparawi Kabupaten Samosir Tahun 2023 Ria Gurning, S.P dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini terlaksana atas kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Samosir, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Samosir dan LPPD Samosir.

Ria Gurning menyampaikan, dalam rangkaian kegiatan Pesparawi Kabupaten Samosir Tahun 2023, telah dilaksanakan berbagi kegiatan Pra Pesparawi. Diantaranya Aksi Donor Darah bersama PMI Samosir, dan berhasil menyumbang sebanyak 36 kantong darah. Kemudian kegiatan pemberian bantuan sosial kepada anak disabilitas yang didukung oleh Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Sumatera Utara.

Baca juga : Keluarga Besar UPT SMPN 4 Siak Hulu Kampar Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW

Mewakili LPPD Sumut, Erab Manik juga mengapresiasi pelaksanaan Pesparawi ini karena sudah lama tidak terlaksana di Kabupaten Samosir. Dikatakan bahwa Pesparawi Sumut akan dilaksanakan Tahun 2024 di Kabupaten Toba, dan Pesparawi Nasional akan diadakan Tahun 2025 di Provinsi Papua Barat.

Kakan Kemenag Kabupaten Samosir Tawar Tua Simbolon dalam sambutannya juga menyampaikan hal yang sama. Para peserta lomba diharapkan memberikan penampilan yang terbaik untuk memuliakan nama Tuhan.

Kegiatan Pesparawi Kabupaten Samosir Tahun 2023 diikuti oleh 31 kontingan dari denominasi Gereja, dan memperlombakan 4 kategori, yakni Paduan Suara (Kelompok Paduan Suara Pria Dewasa, Paduan Suara Wanita, Paduan Suara Campuran), Vokal Grup, Vokal Solo dan Musik Etnik. Dewan Juri yang dihadirkan adalah Halomoan Tampubolon, Monang A. Sianturi dan Lamhot Sihombing.
(KRO/RD/P Simbolon, Samosir)