Bupati Samosir Tanam Kopi dan Serahkan Bantuan Alsintan

68

RADARINDO.co.id – Samosir : Bupati Samosir, Vandiko T Gultom melakukan penanaman kopi sebanyak 1000 batang di areal Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) di Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Rabu (24/5/2023).

Turut dalam kegiatan itu, Kepala Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan diwakili Namsen Girsang, Plt Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom, Camat Harian P. Hartopo Manik serta Kelompok Tani Maju Tani.

Baca juga : Sensus Pertanian 2023 di Humbahas Segera Dilaksanakan


Dalam mendukung Kawasan Pertanian Terpadu (KPT), melalui sinergitas dengan Kementerian Pertanian, Bupati Samosir juga menyerahkan alsintan berupa 5 unit cultivator dan 5 unit pompa air kepada kelompok tani pengelola KPT.

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom menyampaikan ucapan terimakasih kepada Menteri Pertanian yang tetap memberikan bimbingan dan bantuan dalam mengembangkan KPT. Diharapkan, seluruh kelompok tani penerima dapat memanfaatkan bantuan dengan baik.

“Seluruh benih betul-betul ditanam, jangan dijual, dibagikan kepada kelompok tani dan ditanam. Mari kerjasama, kita sukseskan pertanian di Kabupaten Samosir,” ucap Vandiko.

Menurut Bupati, pengembangan KPT tidak bisa sukses apabila hanya ditangani pemerintah, akan tetapi perlu dukungan dan kerjasama dari seluruh kelompok tani. Bupati juga menegaskan agar Dinas Ketapang dan Pertanian melakukan pendampingan sehingga apa yang ditanam benar-benar membuahkan hasil yang mensejahterakan petani dan masyarakat.

Baca juga : Kapolres Padang Sidempuan Hadiri Kegiatan Manasik Haji

Kepala BBPPTP diwakili Namsen Girsang, mengatakan bahwa kopi merupakan komoditi perkebunan penghasilan devisa negara. Seiring berkembangnya jaman, perlu pengembangan produk kopi organik.

Untuk itu, BBPPTP melakukan pengembangan pertanian kopi organik dengan benih yang unggul, bermutu, bersertifikat serta bebas dari residu pestisida sehingga dapat diterima dipasar global. (KRO/ RD/P Simbolon)