Bupati Samosir Tinjau Normalisasi Jalan dan Perbaikan Saluran di Desa Sideak

82

RADARINDO.co.id – Samosir : Bupati Samosir, meninjau pengerjaan normalisasi jalan simpang Tanjungan menuju Dusun III Desa Sideak Kecamatan Palipi, Kamis (14/9/2023).

Baca juga : Dua Orang Diperiksa Terkait Design and Build Tol Japek

Dalam program Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa) ini, Bupati Samosir mengerahkan alat berat untuk melakukan normalisasi jalan (pelebaran jalan dan pembuatan saluran) sepanjang lebih kurang 4,3 km. Selain itu akan dilakukan sirtunisasi sebagai solusi kerusakan jalan sehingga akan memudahkan masyarakat menempuh akses.


Perbaikan jalan Sp Aek Natonang menuju Desa Sideak Toruan menjadi program kedepan, mengingat jalan tersebut merupakan penghubung antar objek wisata. Kehadiran Bupati Samosir disambut masyarakat bersama Kepala Desa Sideak.

“Masyarakat Desa Sideak rindu akan kehadiran Bupati Samosir, atas kerinduan itu, masyarakat  butuh perhatian akan pembangunan, akses jalan yang sulit,” kata Kepala Desa Sideak Buntu Situmorang.

Buntu meminta bantuan penempatan tenaga medis Pustu Desa Sideak mengingat jarak puskesmas Mogang cukup jauh dan alat berat untuk pembukaan jalan.

Baca juga : Pemkab Singkil Gelar Pelatihan Tata Kelola Desa Wisata

Menanggapi permintaan masyarakat, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom menyanggupi serta akan segera menempatkan bidan untuk melayani masyarakat. Mengenai alat berat, disebutkan bahwa alat tersebut sudah dikerahkan dan saat ini sedang bekerja melakukan pelebaran jalan dan saluran.

“Alat berat sudah kami bawa, silahkan dimanfaatkan dengan baik. Jangan sampai alat berat pulang, masyarakat harus bersepakat karena didaerah lain juga banyak yang membutuhkan,” ucap Vandiko. Sebagai bentuk perhatian, Bupati Samosir memberikan penambahan anggaran dari APBD sebesar Rp100 juta untuk peningkatan jalan Paraduan-Buntu Mauli. (KRO/RD/P Simbolon)