Bupati Tapsel Buka Bimtek dan Sertifikasi Penyuluh Pertanian

10

RADARINDO.co.id-Tapsel: Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Pasaribu membuka bimbingan teknis (bimtek) dan sertifikasi penyuluh pertanian Kabupaten Tapanuli Selatan di Desa Aek Sabaon, Kecamatan Marancar, Kamis (9/5/2024).

Baca juga : DPO Kasus Penipuan Pembelian Saham Diringkus

Pelatihan bimtek dan sertifikasi penyuluh pertanian itu, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM pertanian. “Keberadaan para penyuluh pertanian sangat vital dalam mewujudkan pencapaian swasembada pangan serta dalam penerapan teknologi pertanian yang terus berkembang,” ujar Bupati.

Dikatakannya bahwa pemerintah daerah sangat mendukung pembangunan pertanian di Tapanuli Selatan. Pasalnya, 70% masyarakat Tapsel adalah petani sehingga kehidupan masyarakat bergantung pada pertanian. “Jika petani kita mengalami kesulitan, itu artinya Tapsel akan mengalami kesulitan,” tambahnya.

Oleh karena itu, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan agar penyuluh pertanian yang berhadapan langsung dengan masyarakat, dan mendengar langsung keluhan masyarakat, serta dapat melihat langsung kesulitan masyarakat sehingga dapat dibina, dan mengarahkan petani untuk menjaga ketahanan pangan Indonesia melalui peningkatan produksi maupun penguatan kapasitas petani.

Baca juga : PTPN IV Garap Kebun Sawit Terluas

Menurutnya, penggunaan teknologi pertanian yang maju sangat dibutuhkan guna menunjang hasil produksi para petani. Ia berharap melalui kegiatan sertifikasi ini para penyuluh pertanian dapat mengembangkan dan bisa mempraktekkan ke masyarakat Tapsel, dengan memadukan antara praktek lapangan dengan apa yang didapat melalui aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bupati Dolly berpesan agar para peserta mengikuti kegiatan ini dengan bersungguh-sungguh guna mencapai hasil yang maksimal agar kedepannya berdampak pada pembangunan pertanian yang berkelanjutan khususnya di Kabupaten Tapanuli Selatan, tutupnya.

Sebelumnya, Kadis Pertanian Tapsel, Henry Hamdani Hasibuan dalam laporannya menjelaskan, peserta bimtek dan sertifikasi bagi penyuluh pertanian berjumlah 43 orang yang terdiri dari PPL, THL kabupaten, dan 3 orang PPL swadaya.

“Adapun pelaksanaan bimtek ini dimulai dari tanggal 6 sampai 8 Mei 2024. Sedangkan untuk pelaksanaan sertifikasi dimulai tanggal 9 sampai 12 Mei 2024,” jelas Henry. (KRO/RD/AMR)