Kades Karang Anyar Deli Serdang Diduga Manipulasi Kegiatan

344

RADARINDO.co.id – Deli Serdang : Kepala Desa (Kades) Karang Anyar, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, berinisial PA, diduga memanipulasi kegiatan yang dianggarkan dari Dana Desa (DD) tahun 2022 senilai Rp14 juta.

Baca juga : Walikota Padangsidimpuan Terima Audiensi Pengurus LPK Shuppatsu

Awalnya, anggaran tersebut direncanakan untuk kegiatan sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Namun belakangan, beredar kabar bahwa dananya digunakan untuk program studi banding di Jogja dan bimtek.

Terkait hal tersebut, Kades Karang Anyar berinisial PA dipanggil Camat Beringin dan Kasi PMD, Senin (17/7/2023). Pemanggilan lantaran PA diduga melaksanakan kegiatan fiktif, yakni sosialisasi P4GN.

Kasi PMD Kecamatan Beringin, Dewi saat dikonfirmasi menyebut bahwa PA telah memenuhi panggilan Camat dan Kasi PMD. Menurut Dewi, Kades Karang Anyar mengakui tidak melaksanakan kegiatan sosialisasi P4GN, namun anggarannya dialihkan untuk program studi banding di Jogja dan bimtek tahun 2022.

Baca juga : Polsek Siak Hulu Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba

Sementara, Kades Karang Anyar, PA, saat ditemui di kantornya, Selasa (18/7/2023), mengaku bahwa anggaran senilai Rp14 juta tersebut dialihkan untuk program studi banding di Jogja dan bimtek.

Ironisnya, jawaban PA itu justru jadi “boomerang”. Pasalnya, saat dikonfirmasi pada 14 Juli 2023 lalu, PA mengaku kalau anggaran tersebut dimasukan dalam Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Siklpa). Terkait hal itu, Ketua Lembaga Anti Narkotika (LAN) Deli Serdang, Hatono angkat bicara. Menurutnya, dua jawaban berbeda yang diakui PA, membuktikan bahwa “ada dusta diantara kita”. Hatono menilai, PA telah melakukan pembohongan publik dan diduga menyelewengkan anggaran dana desa. (KRO/RD)