Kadis Dukcapil Humbahas Serahkan Akta Kematian di Lintongnihuta

19

RADARINDO.co.id – Doloksanggul : Sejak Februari 2022, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) sudah melakukan aktivasi Simpelokemendes (Sistem Pelayanan Online Akta Kematian Desa) untuk 153 desa ditambah 1 kelurahan di wilayah Humbang Hasundutan.

Baca juga : PDRB Kabupaten Humbang Hasundutan 2022 Rp6,919 Triliun

Kadis Dukcapil, Jara Trisepto Lumbantoruan S.Pd, Jum’at (31/3/2023) mengatakan, sejak 07 Februari 2022 sesuai SK Kadis Dukcapil Nomor 6 tahun 2022 tentang SIMPELOKEMDES sebagai tindaklanjut Peraturan Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Nomor 1 tahun 2022 tentang inovasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan. Dinas Dukcapil sudah melaksanakan aktivasi  Simpelokemendes.

Aktivasi Simpelokemendes harus ada kerjasama dengan semua pemerintah desa, kelurahan dan masyarakat sebagai pemohon, Dinas Dukcapil  telah menyerahkan  pembagian Buku Pokok Pemakaman (BPP) sebanyak 145 buku.

“Saya bersama pegawai Dinas Dukcapil yaitu Pandapotan Siregar ST,MM, Desi Winda Sari Manurung S.Kom dan Marlina Simamora didampingi Kepala Desa Hutasoit I Kecamatan Lintongnihuta Liston Hutasoit  telah menyerahkan Akta Kematian Robet Hutasoit (Op. Pavel),” katanya.

Baca juga : Discotik Empire dan Grand D’blus Diduga Tetap Operasi di Bulan Ramadhan

Kemudian lanjutnya, menyerahkan Kartu Keluarga dan KTP baru yang statusnya cerai mati kepada Korryta Hutabarat sebagai istri Robet Hutasoit pada saat acara adat.

“Seperti ini bisa kami lakukan ketika ada kerjasama seluruh elemen masyarakat. Kami tidak bisa bekerja sendiri, Kepala Desa harus ikut berperan aktif dalam program ini. Bisa dilaporkan kepada kami kalau ada seperti ini, maka keperluan untuk itu kami proses,” kata Jara Lumbantoruan. (KRO/RD/RS)