Kalapas Kelas IIB Padang Sidempuan Pimpin Apel Komitmen Bersama Deklarasi BPU

309 views

RADARINDO.co.id-Psp: Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Padang Sidempuan, Indra Kesuma, A.Md.IP,SH,MH memimpin Langsung Apel Komitmen Bersama Deklarasi Bebas dari Peredaran Uang (BPU) bersama Pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Padang Sidempuan, Senin (30/05/22).

Baca juga : Antisipasi Peredaran Uang, Ini Gebrakan Kalapas Kelas IIB Padang Sidempuan

Apel Komitmen pagi ini, sebagai bentuk dukungan seluruh petugas Lapas dalam kegiatan sehari-hari warga binaan tidak lagi menggunakan uang tunai, melainkan diganti menjadi koin sebagai alat tukar yang sah didalam Lapas.

Kalapas IIB Padang Sidempuan, Indra Kesuma mengatakan Kegiatan ini, sebagai tindak lanjut Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor E.PR.06.10-70 Tentang Bebas Peredaran Uang (BPU) di Lapas atau Rutan dan Permenkumham No.29 Tahun 2017 tentang Perubahan Permenkumham No. 6 Tahun 2013 Tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara.


Kalapas Indra Kesuma juga menyampaikan akan memberikan peringatan tegas, jika ada pegawai yang melanggar, terkait Komitmen yang sama-sama diikrarkan oleh Pegawai.

“Ini merupakan Komitmen Bersama dari seluruh pegawai, maka saya tidak mentolerir dan akan mengambil langkah tegas sesuai aturan dan ketentuan jika ada pegawai yang melanggar,” tegas Kalapas Indra Kesuma.

Menurut Indra Kesuma, dengan pemberlakuan Koin tentunya akan lebih mengurangi risiko tindak pidana di lingkup Lapas, karena dengan mengunakan Koin itu akan mengurangi potensi tindak pidana pungli dan suap.

“Oleh karenanya, dengan penggunaan koin, nantinya diharapkan dapat mencegah terjadinya Halinar yang kerap dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab,” harap Kalapas.

Pengggunaan koin tersebut, kata kalapas hanya berlaku di lingkup Lapas saja. Tentunya dengan pemberlakuan koin ini akan mengurangi potensi gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas.

Baca juga : Pj Bupati Kampar Pimpin Apel Gabungan Tekan Kasus Stunting dan Penyalagunaan Narkoba

“Mulai hari ini transaksi jual beli di Lapas harus mengunakan Koin Lapas. Melalui Koin ini saya tegaskan kepada seluruh petugas untuk mewujudkan Lapas kita ini bebas dari peredaran uang tunai,” ujarnya.

Kegiatan apel tersebut diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama oleh Kalapas Padang Sidempuan dan seluruh petugas. (KRO/RD/AMR)