Kapolsek Tambang Amankan Terduga Pelaku Penipuan Ratusan Juta Rupiah

169

RADARINDO.co.id – Kampar : Kapolsek Tambang, AKP Marupa Sibarani SH, MH, mengamankan seorang pria berinisial ABU (49) warga Dusun II Suka Makmur RT 002 RW 001 Desa Kepau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Senin (18/9/2013).

Baca juga : Entah Siapa Yang “Gerot” Medan Banjir Kanal Marindal Kering

ABU ditangkap lantaran diduga melakukan penipuan dan penggelapan senilai ratusan juta rupiah. Korban berinisial NZ warga Desa Kualu Kecamatan Tambang mengaku telah ditipu oleh ABU sebanyak Rp 238 juta untuk pembelian lahan seluas 10 hektar yang berada di Desa Buluh Cina.

Korban NZ sepakat membeli lahan 10 hektar milik ABU yang terletak di Desa Buluh Cina. Sebelum terjadi transaksi pelunasan dengan harga yang telah disepakati, korban NZ telah memberikan uang tunai sebagai panjar kepada ABU sebesar Rp 50 juta pada tanggal 3 April 2023.

Kemudian, pada tanggal 5 April 2023 korban kembali memberikan uang sebesar Rp 118 juta, selanjutnya tanggal 11 April 2023 sebesar Rp 20 juta dan tanggal 31 April 2023 sebesar Rp 50 juta dengan total keseluruhan Rp 238 juta.

Menurut NZ, lahan kebun yang dijual dan diakui milik ABU ternyata milik orang lain yang telah dikuasai warga Desa Buluh Cina. Karena merasa tertipu, akhirnya NZ melaporkan ABU ke Mapolsek Tambang.

Kapolres Kampar, AKBP Ronald Sumaja S.I.K melalui AKP Marupa Sibarani SH MH, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan penahanan terhadap ABU atas dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan.

Baca juga : Polresta Deli Serdang Ungkap Kasus Narkoba

Sebelumnya, Polsek Tambang telah melakukan gelar perkara di Polres Kampar, dilanjutkan tambahan penyidikan. Dari hasil pemeriksaan BAP, dinyatakan bahwa ABU telah melanggar pasal 378 Jo 372 KUHP.

‚ÄúDengan melalui surat panggilan, akhirnya pelaku berinisial ABU ini ditetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan pada tanggal 14 September 2023,” ucap Kapolsek. Atas penangkapan ABU, sejumlah tokoh masyarakat Desa Kepau Jaya mengucapkan terimakasih kepada pihak Polsek Tambang, khususnya Kapolsek AKP Marupa Sibarani SH MH. Pasalnya, ABU disinyalir sering melakukan penipuan jual beli lahan dan membuat resah masyarakat, serta sering memprovokasi warga membuat keributan. (KRO/RD/POL/SM)