Kementrian BUMN Berencana Umumkan Hasil Audit Danpen Usai Lebaran

44

RADARINDO.co.id – Jakarta : Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana mengumumkan hasil audit dana pensiun (danpen) BUMN setelah lebaran. Hal itu mundur dari rencana sebelumnya yang rencananya akan diumumkan pada akhir April 2023.

Baca juga : Sat Resnarkoba Polres Kuansing Tangkap Pengedar Ganja

“Tadinya mau akhir April, mungkin setelah lebaran akan kita umumin, kita lagi ukur kekurangan-kekurangan pendanaannya, kemudian kita akan lihat apakah mereka ada kasus-kasus spesifik yang memang menyebabkan asetnya menurun,” kata Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo di Kompleks DPR RI, Jakarta Pusat, melansir detik, Rabu (05/4/2023).

Baca juga : Dirut Bulog Ungkap Hutang Perusahaan Capai Rp 7 Triliun

Menteri BUMN, Erick Thohir sebelumnya mengatakan, pihaknya berencana melakukan transformasi dana pensiun BUMN. Menurutnya, ada bom waktu masalah yang terjadi pada pengelolaan dana pensiun BUMN. “Ini akan ledakan satu dua tahun kedepan kalau tak ada intervensi,” ungkap Erick dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, beberapa waktu lalu.

Salah satu masalah yang sudah muncul dan terdeteksi adalah telah terjadinya defisit kecukupan dana pensiun BUMN mencapai Rp 9,8 triliun. Erick menyebut bahwa hanya 35% dana pensiun BUMN yang masih sehat, sisanya menimbun masalah. (KRO/RD/DTK)