Ketahui, Ini Makanan “Perusak” Otak dan Bikin Daya Ingat Menurun

15

RADARINDO.co.id : Kalau cerita tentang makanan, tentunya bikin menelan air liur, apalagi sedang lapar. Namun, tidak banyak orang mengetahui ada sejumlah makanan yang bisa merusak otak, dan menurunkan daya ingat.

Baca juga : Minum Rebusan Daun Ini Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

Hindarilah terlalu sering makan karena akan membuat otak melemah. Artinya, kita disarankan untuk cukup sesekali saja mengkonsumsi makanan. Melansir cnnindonesia, berikut sejumlah makanan yang bisa merusak otak dan bikin daya ingat menurun.

Gorengan

Gorengan tidak melulu pisang goreng atau mendoan. Hampir semua jenis makanan yang digoreng, mulai dari ayam goreng, kentang goreng, bahkan ikan goreng ternyata memiliki dampak yang buruk untuk otak.

Penelitian yang dilakukan pada 2016 lalu dan telah terbit di Journal of Nutritional Science menemukan bahwa mereka yang terlalu sering makan makanan yang digoreng skor kognitifnya buruk. Mulai dari memori, hingga fungsi otak terbilang lemah jika dibandingkan mereka yang tidak sering makan gorengan.

Baca juga : Minum Kopi Pagi Bisa Turunkan Risiko Diabetes

Gula tambahan

Minuman manis dan minuman kemasan memang muncul dimana-mana. Ada banyak jenisnya, mulai dari berbagai kopi aneka rasa, teh aneka rasa, minuman sari buah, hingga berbagai macam boba. Selain minuman manis ada juga minuman manis bersoda yang juga banyak digandrungi orang. Sebaiknya, batasi minuman-minuman ini karena bisa merusak otak.

Karbohidrat olahan
Batasi berbagai karbohidrat olahan. Mulai dari nasi, roti putih, pasta putih dan makanan lain dengan indeks glikemik tinggi. Penelitian menemukan, makanan dengan indeks glikemik tinggi ternyata bisa meningkatkan depresi, terutama pada wanita.

Daging olahan

Daging olahan seperti sosis atau daging-daging yang diawetkan juga berkontribusi dalam melemahkan daya ingat. Sebuah penelitian pada April 2020 lalu dan telah terbit di Neurology menemukan bahwa daging olahan memang bisa melemahkan otak dan meningkatkan risiko terkena demensia.

Makanan cepat saji

Bukan hanya daging olahan, makanan cepat saji juga buruk untuk perkembangan otak. Tingginya kadar lemak jenuh serta natrium yang juga tinggi bisa menyebabkan kabut otak. (KRO/RD/CNN)