KKSU Resmi Dibuka di Medan

10

RADARINDO.co.id – Medan : Pelaksanaan Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2024 secara resmi dibuka di dua titik, yakni Istana Maimun dan Delipark Mall, Rabu (03/7/2024). KKSU berlangsung mulai dari tanggal 3 hingga 7 Juli 2024.

Baca juga : Eks Ketua KPU Tersandung Kasus “Tali Air” Mirip “Penjahat Kelamin”

Acara ini merupakan bagian integral dari Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pariwisata, dan investasi di Sumatera Utara.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung, menyampaikan bahwa Bank Indonesia selaku campaign manager GBBI dan GBWI Sumatera Utara mencanangkan 3 inisiatif progam, yakni digitalisasi UMKM, promosi perdagangan UMKM melalui pameran dan business matching serta program pengembangan UMKM dan desa wisata dalam mendukung green economy yang berorientasi pada sustainable product/ramah lingkungan serta implementasi konsep eco- wisata.

Pada kesempatan yang sama, Pj Gubernur Sumatera Utara, Agus Fatoni menyampaikan bahwa Sumatera Utara memiliki potensi besar dalam mendorong pelaku UMKM dan sektor pariwisata lebih naik kelas.

Baca juga : Proyek Jalur KA Besitang – Langsa Rugikan Negara Rp1,15 Triliun

“Melalui penyelenggaraan KKSU 2024 ini, pemerintah berharap berbagai kendala UMKM naik kelas perlahan dapat diselesaikan melalui perluasan akses pemasaran produk seperti pameran, promosi produk melalui media sosial dan marketplace, business matching pembiayaan, peningkatan literasi UMKM, serta mendorong kreatifitas UMKM melalui berbagai kompetisi lomba,” ungkapnya.

Sejalan dengan hal tersebut, sebagai bagian dari komitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Sumatera Utara, Bank Sumut turut serta dalam program Bussiness Matching Pembiayaan UMKM yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan KKSU 2024. Salah satunya adalah dukungan pembiayaan kepada UMKM Yetno Bonsai, yang ditandai dengan seremonial penyerahan mock-up secara simbolis.

Harapannya, kehadiran Bank Sumut dapat mendukung pengembangan UMKM di Sumatera Utara untuk naik kelas dan mendukung ekonomi kreatif melalui akses yang lebih mudah terhadap pembiayaan sejalan dengan visi Bank Sumut untuk menjadi mitra terpercaya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. (KRO/RD)