Nikahi Kerabat Dekat Bisa Timbulkan Risiko Kelainan Genetik, Ini Penjelasannya

32

RADARINDO.co.id : Media sosial ramai memperbincangkan tentang menikah dengan kerabat dekat khususnya sepupu. Topik pernikahan dengan sepupu banyak dibahas netizen.

Baca Juga : Anak Petinggi Polri Tabrak Pemotor, Polda Metro Akan Periksa Rekaman CCTV

Terlepas dari boleh atau tidaknya, pakar kesehatan mengingatkan adanya risiko saat menikah dengan kerabat dekat. Melansir detik, disebutkan akan banyak risiko yang bisa terjadi jika menikah dengan sepupu.

Laman IFL Science menjelaskan, kita semua berbagi 50 persen DNA dengan masing-masing orangtua dan saudara kita. Sementara dengan sepupu pertama, kita berbagi sekitar 12,5 persen.

Ketika dua sepupu memiliki bayi, kumpulan gen dibatasi, yang berarti bahwa varian genetik yang sama lebih mungkin muncul dan membuat kelainan genetik diwariskan menjadi lebih umum.

Setiap orang mewarisi satu salinan dari setiap gen orangtua. Jika gen ini bermutasi, mereka dapat menyebabkan berbagai penyakit. Ketika hanya satu salinan gen yang perlu dirusak untuk menyebabkan suatu kondisi, itu disebut dominan autosom, misalnya penyakit Huntington atau sindrom Marfan.

Tetapi ketika dua salinan gen yang bermutasi disatukan, kelainannya adalah resesif autosomal. Contohnya termasuk cystic fibrosis dan anemia sel sabit. Seseorang dengan hanya satu salinan gen resesif yang bermutasi adalah pembawa, mereka sendiri tidak memiliki kondisi tersebut tetapi masih dapat menularkan potensi penyakit.

Baca Juga : KPK Tetapkan Lukas Enembe Tersangka TPPU

Oleh karena itu, dua sepupu dengan lebih banyak kesamaan DNA daripada dua orang yang tidak berkerabat, lebih mungkin mewariskan dua salinan gen yang berpotensi merusak. Jika salah satu kakek nenek mereka adalah pembawa, akan ada 50 persen kemungkinan bahwa masing-masing anak mereka (orangtua sepupu) juga akan menjadi pembawa.

Hal ini meningkatkan kemungkinan sepupu juga menjadi pembawa dan menempatkan keturunan mereka pada risiko yang lebih besar dari kondisi resesif autosomal. (KRO/RD/DTK)