Pemkab Samosir Terima Anugerah KIP Kategori Informatif

18

RADARINDO.co.id – Samosir : Bupati Samosir, Vandiko T Gultom diwakili Kadis Kominfo, Immanuel Sitanggang, menerima anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kategori Kabupaten/Kota Informatif yang digelar Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumut, di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Selasa (15/8/2023) lalu.

Baca juga : Ratusan Cakades Deklarasi Damai Bersama Walikota Padangsidimpuan

Ketua KI Sumut, Dr. Abdul Harris Nasution, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan badan publik yang terbuka dan inovatif dalam pelayanan informasi guna mewujudkan good government.

“Kami berharap keterbukaan informasi publik tidak berhenti, tidak cukup pada hal-hal yang sifatnya teknis administratif dan konsep yang prosedural, namun harus bermanfaat, terimplementasikan pada pelayanan yang ada yang harus dimiliki oleh seluruh badan publik di Provinsi Sumatera Utara ini,” ujarnya.

Mewakili Ketua Komisi Informasi Pusat, Syawaluddin, menjelaskan bahwa Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik No.14 Tahun 2008 secara sah diundangkan pada tahun 2008 dan sudah digunakan sekitar 15 tahun.

“Pemerintah ini bersih, pemerintah ini terhindar dari pelaksanaan praktik-praktik korupsi, dan itu yang diharapkan dengan lahirnya undang-undang ini. Makna yang dianggap benar-benar untuk memberikan jaminan kepada semua orang dalam memperoleh informasi, sebab salah satu elemen penting negara terbuka adalah hak publik untuk memperoleh informasi,” tegasnya.

Baca juga : Tiga Saksi Diperiksa Kejaksaan Terkait Pengelolaan Komoditi Emas

Sementara itu Gubernur Sumut dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Dr. H. Agus Tripriyono, SE, M.Si, Ak, CA mengatakan, Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik di era digitalisasi saat ini memiliki peran penting, mengingat dunia saat ini sudah bersifat terbuka dalam segala hal. “Sudah tidak layak sebuah kelembagaan yang bersifat umum ataupun pelayanan publik menutup diri ataupun tidak terbuka, karenanya, saya berharap hal tersebut dapat dipedomani oleh seluruh lembaga publik, khususnya di wilayah Sumut,” katanya. (KRO/RD/P Simbolon)