Peserta Program PKK Video Editing Terima Sertifikat Kompetensi Berstandar Nasional

80

RADARINDO.co.id – Gunungsitoli : Ketua PKBM Ziona, Rido Waruwu, menyerahkan sertifikat kompetensi dan sertifikat pelatihan kepada 15 peserta program PKK Video Editing lulusan Desember 2022 lalu, Rabu (29/3/2023) di sekretariat PKBM Ziona.

Untuk diketahui, sertifikat kompetensi merupakan bentuk pengakuan negara terhadap kompetensi atau kemampuan yang dimiliki oleh seseorang. Sertifikat ini dapat diperoleh melalui proses uji kompetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) dibawah naungan Kemdikbud RI.

Baca juga : Petani Sawit Tolak UU Deforestasi Uni Eropa

Sedangkan sertifikat pelatihan/kursus merupakan tanda bukti seseorang telah mengikuti pelatihan, pendidikan atau kursus yang diselenggarakan oleh Lembaga pendidikan nonformal dalam periode tertentu.

Ketua PKBM Ziona, Rido Waruwu, menyampaikan bahwa sertifikat kompetensi dapat diakui secara nasional karena dikeluarkan oleh LSK Broadcasting dibawah naungan Kemdikbud.

“Sertifikatnya berlogo burung garuda yang ditandatangani oleh Ketua LSK Broadcasting. Jadi berbanggalah memiliki sertifikat kompetensi. Selain sertifikat kompetensi, kami juga menyerahkan sertifikat pelatihan yang dikeluarkan oleh PKBM Ziona, dan sertifikat tersebut sebagai bukti bahwa peserta telah mengikuti pendidikan di PKBM Ziona,” ucap Rido.

Baca juga : TDS: IWO Indonesia Harus Bisa Jadikan UMKM Sebagai Entrepreneur Baru

Ayu Zebua, salah seorang penerima sertifikat, mengaku bangga memperoleh sertifikat kompetensi. “Kami berterimakasih kepada PKBM Ziona yang telah memberikan kami kesempatan untuk dapat memperoleh sertifikat kompetensi nasional ini, terlebih kedepan kami akan masuk dunia kerja, jadi sertifikat kompetensi ini pastinya sangat bermanfaat,” ucap Ayu.

Hal senada juga dikatakan Windi Wan Frisca Zebua, yang mengaku senang dan bangga atas apa yang telah didapatkan, selama mengikuti pendidikan di PKBM Ziona. (KRO/RD)