PKBM Ziona Sukses Selenggarakan Uji Kesetaraan Berbasis Komputer

12

RADARINDO.co.id – Nias : PKBM Ziona sukses melaksanakan Uji Kesetaraan (UK) berbasis komputer bermoda daring/online untuk peserta Paket C, Sabtu (18/5/2024) di Laboratorium Komputer PKBM Ziona.

Baca juga : Bupati Tapsel Sambut Kunker Kapolda Sumut

Kepala PKBM Ziona, Rido Favorit S Waruwu menyebutkan bahwa peserta pendidikan kesetaraan Paket C tahun 2024 diwajibkan mengikuti Uji Kesetaraan, agar ijazah yang dimiliki nantinya setara dengan lulusan SMA.

Pelaksanaan Uji Kesetaraan (UK) di PKBM Ziona berhasil diikuti oleh seluruh peserta dengan harapan kompetensi literasi dan numerasi dapat mencapai ambang batas minimum sehingga peserta berhak mendapatkan sertifikat hasil uji kesetaraan.

“Selain dari ijazah Paket C, peserta yang telah mengikuti Uji Kesetaraan juga akan mendapatkan surat keterangan hasil uji kesetaraan atau sertifikat sebagai bukti telah mengikuti pendidikan kesetaraan paket C dan telah memiliki kompetensi yang setara dengan lulusan pendidikan formal,” jelas Rido.

Sebelum Uji Kesetaraan dimulai, Kepala PKBM Ziona menghimbau seluruh peserta untuk sungguh – sungguh mengerjakan setiap soal yang tampil pada aplikasi dan mengerjakan soal sampai batas waktu yang telah ditentukan.

Armindo Putra Zega selaku proctor pada pelaksanaan Uji Kesetaraan menyampaikan bahwa UK dibagi menjadi 2 sesi. Untuk sesi pertama dimulai pada pukul 07.30 WIB hingga 10.55 WIB dan sesi kedua dimulai pukul 13.00 WIB hingga 16.55 WIB.

Peserta Uji Kesetaraan Paket C tampak menggunakan baju kemeja putih dan celana hitam sebagai pakaian formal yang dipakai pada saat pelaksanaan Ujian.

Baca juga : Bupati Tapsel Jalan Santai Bersama OPD dan ASN

“Pelaksanaan UK Paket C berjalan dengan baik. Jaringan yang digunakan cukup stabil sehingga tidak telalu mengganggu pelaksanaan ujian, terlebih listrik yang digunakan juga tidak ada gangguan,” terang Armindo.

Pihak Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli juga turut melakukan monitoring pada pelaksanaan Uji Kesetaraan Paket C di PKBM Ziona yang dihadiri Kepala Bidang Pembinaan PAUD PNF, Kepala Seksi Kurikulum dan staf bidang Pembinaan Paud PNF Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli.

Peserta Paket C merasa senang dan bangga dapat mengikuti Uji Kesetaraan serta berharap PKBM Ziona terus maju dan menjadi wadah bagi masyarakat yang putus sekolah untuk dapat melanjutkan pendidikan.

“Saya sangat senang dan nyaman karena guru/tutornya sangat baik dan tidak membeda-bedakan peserta. Semoga lulusan paket C di PKBM Ziona semakin bertambah,” ucap Liati Zebua, salah seorang peserta paket C yang mengikuti Uji Kesetaraan.

Sozanolo Warasi yang juga salah seorang peserta Paket C mengatakan bahwa fasilitas yang tersedia di PKBM Ziona sangat memuaskan, pengawas dan pembimbing juga sangat membantu serta ramah kepada para peserta.

Selain itu, lokasi PKBM Ziona cukup baik dan nyaman untuk para peserta. Diharapkan kedepannya PKBM Ziona terus meningkatkan program – programnya untuk membantu masyarakat yang putus sekolah. (KRO/RD/Rd)