Polda Sumut Gerebek Gudang Oli Palsu

53

RADARINDO.co.id – Deli Serdang : Subdit I Industri dan Perdagangan (Indagsi) Ditreskrimsus Polda Sumut melakukan penggerebekan gudang pembuatan oli dan air radiator palsu di kompleks pergudangan Cemara Cahaya Mas Jalan Ps Melintang, Desa Saentis, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang.

Dari penggerebekan tersebut, Polisi berhasil menangkap empat orang pekerja bernama Najaruddin sebagai kepala teknisi, Adi Prayoga, Supriadi Wibowo, serta Suprianto sebagai teknisi.

Menurut Polisi, gudang ini memproduksi oli kenderaan palsu kemasan bermerek dagang terkenal, diantaranya dari AHM Oil MPX 2, Pertamina Mesran, Yamalube Yamaha dan Oli Federal Ultratec.


Baca juga : Lantamal I Bantu Perbaiki Pintu Klep di Desa Paluh Kurau

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, selain oli palsu kemasan dan dalam tong, penyidik juga menemukan mesin pembuat botol kemasan merek aslinya. Mesin ini mencetak botol agar semirip mungkin dengan merek ternama. Polisi juga menemukan mesin pembuat tutup botol hingga stiker merek.

“Ada lebih dari 30 barang bukti yang berhasil diamankan penyidik, diantaranya adalah mesin kemasan botol oli, mesin produk untuk memproduksi tutup kemasan botol oli, mesin giling dan tangki yang menampung oli. Kemudian ada ratusan kardus kemasan merek salah satu perusahaan oli,” kata Hadi Wahyudi, melansir tribunmedan.com, Selasa (29/8/2023).

Saat ini, Polisi masih menyelidiki sudah berapa lama gudang ini beroperasi dan kemana saja oli palsu tersebut diedarkan. Polisi masih menyelidiki apakah bahan baku oli yang digunakan oli bekas di daur ulang atau oli kadar rendah.

Sementara pemilik gudang berinisial T masih dalam pengejaran. Dia diminta menyerahkan diri sesegera mungkin. “Pemilik berinisial T kita harap segera menyerah sendiri ke Polda Sumatera Utara. Kita akan berkoordinasi dengan perusahaan yang ada di dalamnya juga masuk dijadikan barang bukti kemasannya dan setikernya,” ucap Hadi. (KRO/RD/TRB)