Ribuan Aparat Desa Demo Didepan Gedung DPR

49

RADARINDO.co.id – Jakarta : Ribuan massa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) menggelar aksi demo di depan gedung DPR, Senayan, Jakarta (05/7/2023).

Baca juga : Istri Rafael Alun Diperiksa KPK Soal Aset Mewah Tak Wajar

Melansir cnnindonesia.com, aksi tersebut diikuti seluruh kepala desa se-Indonesia. Terdapat 12 poin tuntutan dari massa aksi, diantaranya menuntut masa jabatan kepala desa jadi 9 tahun dan boleh menjabat selama dua periode. Mereka ingin tuntutan ini langsung berlaku saat revisi UU Desa disahkan.

Mereka juga menuntut dana desa ditetapkan sebesar 10 persen dari APBN, bukan 10 persen dari dana transfer daerah. Apdesi juga meminta dana operasional bagi kades sebesar lima persen dari dana desa. Tak hanya itu, mereka juga menuntut tunjangan bagi kepala dan badan perangkat desa.

Baca juga : Pria Ini Simpan Jenazah Anaknya di Freezer

Sejauh ini, Badan Legislatif (Baleg) DPR menyetujui naskah Revisi Undang-Undang No.6 Tahun 2014 tentang desa dibawa ke rapat paripurna untuk disahkan menjadi inisiatif DPR. Keputusan itu diambil dalam rapat pleno Panitia Kerja RUU Desa, Senin (03/7/2023).

Wakil Ketua Baleg, Achmad Baidowi alias Awiek menyatakan, seluruh fraksi setuju menjadikan RUU Desa menjadi usulan inisiatif DPR. Adapun dua poin krusial yang disepakati dalam RUU itu ialah penambahan masa jabatan kepala desa yang awalnya enam menjadi sembilan tahun serta kenaikan dana desa sebesar 20 persen dari total dana transfer desa senilai Rp70 triliun di APBN. (KRO/RD/CNN)