Walikota Terima Audiensi Kepala BPS Padang Sidempuan

30

RADARINDO.co.id – Psp : Walikota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution, SH, MM menerima audiensi Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang Sidempuan, Hafsyah Aprillia, S.Si, M.Si, beserta jajaran di ruang kerja Walikota, Rabu (24/5/2023).

Baca juga : PTPN IV Gunung Bayu Serahkan Bantuan Program TJSL

Selain silaturahmi, tujuan audiensi BPS Padang Sidempuan tersebut juga ingin menyampaikan kepada Walikota bahwa pada 1 Juni hingga 31 Juli 2023 mendatang akan dilaksanakan Sensus Pertanian 2023 (ST2023).

Hafsyah menjelaskan, BPS Padang Sidempuan akan menurunkan 110 petugas lapangan, 22 petugas pemeriksa lapangan dan 6 orang koordinator yang akan mendatangi rumah penduduk dari rumah ke rumah untuk melakukan wawancara tatap muka mengenai usaha pertanian yang diusahakan oleh responden.

“Pelaksanaan ST 2023 tidak terpaku pada sektor pertanian saja. Sebab, sektor pertanian itu sendiri terdiri berbagai macam. Jadi ada tujuh sektor yang akan kita garap meliputi pertanian tanaman pangan misalkan jasa pertanian, kehutanan, peternakan, perikanan, perkebunan, holtikultura dan pangan,” jelasnya.

Dikatakan Hafsah, ST 2023 sangat penting karena banyak data strategis yang dihasilkan pada ST2023, yakni data petani (by name, by addres), struktur demografi petani, lahan pertanian menurut penggunaan, produksi komuditas pertanian, dan adopsi mekanisme pertanian modern serta penggunaan teknologi informasi.

Baca juga : Bebas Perkara Penganiayaan, Mantan Napi Kembali “Gol” Kasus Curat

Menanggapi hal tersebut Walikota  mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan BPS tersebut. Menurut Walikota, seluruh pembangunan diawali dengan data, sebab tanpa data akan sulit dalam melalukan perencanaan pembangunan.

Diharapkan, dengan dilaksanakannya ST 2023 ini nantinya akan menghasilkan output atau hasil yang dicapai dalam menyajikan data pertanian yang akurat dan informasi yang lengkap. (KRO/RD/thoms)