Bupati Humbahas: Stunting Secara Bertahap Dituntaskan

21

RADARINDO.co.id – Doloksanggul : Stunting di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) harus dituntaskan demi masa depan masyarakat khususnya anak-anak. Pemkab Humbahas dalam hal ini Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2PKB), Puskesmas termasuk Kepala Desa dan elemen terkait, harus bekerja serius.

Baca juga : Satreskrim Polres Sergai Ciduk Terduga Pelaku Cabul Anak Bawah Umur

“Masyarakat Humbang Hasundutan yang hendak menikah, hamil bahkan sampai melahirkan harus dipantau kesehatannya. 1000 hari kelahiran harus terus dipantau. Kalau sudah sehat, maka kehidupanpun jauh lebih baik kedepan,” ungkap Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor SE dalam kunjungannya ke Puskesmas Saitnihuta Kecamatan Doloksanggul, baru-baru ini.

Kunjungan itu juga diikuti Asisten Pemerintahan dan Kesra Makden Sihombing, Sos, Plt Kadis Kesehatan P2PKB dr Gunawan P Sinaga, Camat Doloksanggul Marudut Simanullang, SH dan dihadiri Kepala Puskesmas Saitnihuta Derina Siburian, Bidan Desa termasuk Kepala Desa.

Bupati juga menjelaskan apabila SDM (sumber daya manusianya) sehat maka masa depan jelas. “Kita harus fokus menangani stunting, harus kita tuntaskan. Masalah serius ini. Maka petugas kesehatan bekerjasama dengan desa harus bekerja serius supaya stunting secara bertahap menurun di Humbang Hasundutan,” ucapnya.

Baca juga : JAM-Intelijen: Sertifikasi ISO 17025 Jadi Langkah Menuju Kancah Internasional

Dinas Kesehatan, bidan desa dan perangkat desa diminta harus mendata semua penduduk, serta memberikan pengarahan kepada masyarakat supaya banyak makan sayur, protein, buah-buahan dan asupan makanan lainnya.

“Sampaikan juga, air mentah jangan diminum, apalagi bagi ibu hamil. Balita harus dipastikan di imunisasi, harus ada pemeriksaan secara rutin, apabila ini dilaksanakan dan diikuti masyarakat, generasi kita terbebas dari stunting. Kepala Desa dan perangkatnya harus bergerak,” tegas Bupati. (KRO/RD/Kominfo/RS)