Diduga Sembunyikan Harun Masiku, Mahasiswa Diperiksa KPK

16

RADARINDO.co.id – Jakarta : Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa seorang mahasiswa bernama Melita De Grave lantaran diduga menyembunyikan buronan Harun Masiku.

Baca juga : Praktik Kecurangan Marak, KPK Terbitkan Edaran Cegah Suap PPDB 2024

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan, saksi itu diperiksa pada, Jumat (31/5/2024) lalu. Pemeriksaan dilakukan di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

“Melita De Grave hadir dan Tim Penyidik masih terus mendalami dugaan adanya pihak-pihak yang diduga mengamankan keberadaan dari tersangka HM,” kata Ali dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (3/6/2024) melansir detik.

Diketahui, Harun Masiku merupakan tersangka pemberi suap dalam kasus pergantian antarwaktu DPR RI pada 2019. Tiga hari berturut-turut dalam pekan kemarin KPK telah memanggil tiga saksi dalam kasus Harun. Dua saksi diantaranya merupakan mahasiswa.

Baca juga : Polisi Gerebek Dua Lokasi Pabrik Oli Palsu

Saksi lain yang telah diperiksa penyidik adalah Simon Petrus, yang berprofesi sebagai pengacara. Dia diperiksa di gedung Merah Putih KPK pada, Rabu (29/5).

Sehari berselang, tepatnya pada, Kamis (30/5), penyidik juga memeriksa satu saksi lainnya terkait Harun Masiku. Satu saksi yang diperiksa itu seorang mahasiswa bernama Hugo Ganda. “Keduanya hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan keberadaan dari tersangka HM,” ujar Ali.

Ali mengatakan, dari pemeriksaan Simon Petrus dan Hugo Ganda, tim penyidik juga mengusut adanya dugaan pihak yang sengaja menyembunyikan Harun Masiku.
“(Didalami) juga soal dugaan adanya pihak tertentu yang melindungi tersangka dimaksud sehingga menghambat proses pencarian dari tim penyidik,” pungkas Ali. (KRO/RD/Dtk)