Eddy Berutu Bangga GKPPD Aktif Lestarikan Budaya dan Ibadah Bahasa Daerah

22

RADARINDO.co.id-Sidikalang: Ketua DPD Golkar Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu memuji Gerakan Kristen Protestan Pakpak Dairi (GKPPD) yang terus aktif melestarikan budaya dengan menyelenggarakan ibadah berbahasa daerah.

Gereja Kristen Protestan Pakpak Dairi (GKPPD) merupakan gereja Protestan di Indonesia yang bermula dari misi yang didirikan oleh badan misi Belanda pada Abad ke -19 di kawasan Pakpak Dairi, Sumatera Utara.

Baca juga : IWO Indonesia dan ISI Surakarta Tandatangani Kerjasama

“Misi ini berkontribusi dalam penyebaran agama Kristen di wilayah tersebut, dan akhirnya memunculkan jemaat-jemaat yang kemudian berkembang menjadi GKPPD,” ujar Eddy Keleng dengan memuji dan kekagumanya usai ditemui wartawan di Sidikalang, Jumat (28/06/2024).

Sejak berdirinya, ujarnya lagi, GKPPD terus berkembang dan memberikan pelayanan rohani di tengah masyarakat Pakpak Dairi. Saat ini GKPD tengah mengadakan Sinode Sinunu XI di Sidikalang yang merupakan kegiatan terbesar gereja GKPPD.

Acara berlangsung sukses, turut hadir memenuhi undangan pimpinan tertinggi Pimpinan Tertinggi Pusat GKPPD Bishop, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, Ketua DPD Golkar Dairi yang sekaligus Balon Bupati Dairi 2024-2029 hadir di acara pembukaan siang tadi.

Saat ditanya tanggapannya, Eddy Berutu menyampaikan, Gereja ini memiliki peranan sangat penting dalam memelihara iman dan tradisi Kristen bagi warga nasrani di masyarakat suku Pakpak serta ikut berkontribusi dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan sosial di masyarakat.

Baca juga : PTPN IV PalmCo Pecahkan Rekor Nasional Tanam Ulang Sawit Tercepat

“GKPPD akan memainkan peran yang signifikan dalam mendukung perkembangan masyarakat Pakpak Dairi, baik dari segi rohani membantu memperkuat spiritualitas dan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Pakpak. GKPPD juga telah turut serta dalam bidang pendidikan dengan mendirikan sekolah”, ujar Balon Bupati Dairi Eddy Berutu yang dikenal sangat merakyat ini.

Dengan peran-peran tersebut, katanya, GKPPD berusaha untuk ikut serta dalam pembangunan dan perkembangan masyarakat Pakpak Dairi secara holistik, baik dari segi spiritual maupun sosial.

Saat ditanyakan mengenai harapannya terhadap GKPPD, Eddy Berutu mengharapkan peran besar GKPPD dalam berbagai aspek pembangunan di Dairi, GKPID dapat menjadi mitra yang penting dalam mendukung Dairi Unggul berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Saya bangga dan memuji GPPD yang aktif dalam Pelestarikan budaya dengan menyelanggarakan ibadah berbahasa daerah. Kedepan bisa ditingkatkan dengan mengadakan acara- acara budaya, kampanye lingkungan, dan program-program kebersihan dan juga tak kalah penting berperan dalam memelihara persaudaraan dan keharmonisan, moderasi beragama di tengah2 masyarakat, sehingga dapat mendukung terciptanya lingkungan yang aman, tenteram, dan sejahtera di Dairi, demikian tegasnya. Acara Sinode Sinunu XI GKPPD ini berlangsung sukses dimulai dari 27 Juni ditutup 30 Juni 2024. Semoga…. (KRO/RD/JULI SIBURIAN)