Kolam Indah PTPN IV PKS Gunung Bayu Ramah Lingkungan

346

RADARINDO.co.id – Simalungun : Masih ingat kita salah satu Pabrik Kelapa Sawit tertua milik PTPN4 dan sampai saat ini masih beroperasi. Ya dia adalah PKS PTPN IV Gunung Bayu yang telah berusia 98 tahun (sesuai dengan prasasti berbahasa Belanda, tepatnya 10 Februari 1924) yang merupakan kebun Nasionalisasi dari Belanda.

Terletak di Nagori Gunung Bayu Kecamatan Bosar Maligas Kabupaten Simalungun.

Baca Juga : Tangkap Pengusaha Pengguna Air Bawah Tanah Tak Miliki SIPA

Ketika Wartawan RADARINDO.CO.ID bimcang – bincang dengan menejer PKS PTPN4 Gunung Bayu, Haji Rudi Simatupang, Minggu, (17/04/22) jam 10’20 Wib.

Menganai Pengelolaan Air Limbah PKS, dengan senang beliau menjelaskan, bahwa pengelolaan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) PKS Gunung Bayu sebagai Kolam Indah yang jauh dari konotasi kolam limbah.

Pabrik Kelapa Sawit didalam proses pengolahan Tandan Buah Segar (TBS) menjadi CPO dan Inti Sawit tidak ada menggunakan bahan kimia yang berbahaya.

“Dari kelapa sawit banyak sekali produk turunan dan by product seperti cangkang, tankos, solid dan lainnya yang memiliki nilai ekonomis,” ucap Rudi.

Selanjutnya Pengolahan Limbah Cair Kelapa Sawit (LCKS) PKS Gunung Bayu melalui beberapa kolam (pond) dan selanjutnya Limbah Cair Kelapa Sawit dimanfaatkan untuk Land Aplikasi (LA) yang bertujuan untuk memperbaiki struktur tanah blok yang ditanami kelapa sawit, jelas Haji Rudi Simatupang melalui seluler genggamnya.

“Untuk bakteri di kolam (pond ) PKS Gunung Bayu masih aktif disampaikan oleh beberapa kunjungan tamu yang berkompeten dibidangnya,” lanjutnya.

Isu lingkungan yang selalu didengungkan bahkan menjadi “Balck Campign” karena keberadaan sawit yang bisa berkembang dengan baik di daerah katulistiwa dan memiliki produktivitas (minyak/hektar) yang jauh lebih besar dibandingkan dengan minyak bunga matahari, minyak zaitun dan lainnya, tutupnya.

Salah seorang warga yang sudah 25 tahun berumah dan tinggal tepat dibelakang kolam limbah mengatakan, selama saya berumah dan tinggal di belakang kolam limbah ini perusahaan selalu melakukan pembersihan kolam limbah.

Sehingga bau tidak sedap dari kolam limbah tidak begitu berasa dihidung, dikarenakan setiap tiga bulan sekali selalu ada tim dari kantor pusat datang untuk meneliti mutu kolam limbah.

Baca Juga : Gunakan Sumur Bor Bisa Dipidana

Hal ini didukung dengan berhasilnya PKS PTPN4 Gunung Bayu mendapat sertifikasi ISO, RSPO, ISPO, ISCC, SMK 3 dan Sertifikasi Jaminan Halal sebagai bentuk kepatuhan kepada peraturan pemerintah dan orientasi kepada kepuasan pelanggan.

Jelas salah seorang warga yang enggan menyebut namanya melalui seluler genggamnya.

Diakhir kesempatan komunikasi dengan awak media, Haji Rudy Hendrawan Simatupang Manajer PKS Gunung Bayu menyampaikan semoga semangat kepedulian terhadap mutu produk dan lingkungan akan menjadi Trigger dalam pencapaian target kinerja Perusahan Tahun 2022. Semoga….

(KRO/RD/RUD)