Konsumsi Makanan Ini Dapat Tingkatkan Fungsi Otak

31

RADARINDO.co.id : Otak merupakan organ penting dalam tubuh manusia yang memberikan kemampuan untuk beraktivitas dan kognitif. Sedangkan fungsi kognitif otak merupakan semua hal yang berkaitan dengan pembelajaran, berpikir, ingatan atau memori, memecahkan masalah mengambil keputusan, dan konsentrasi.

Salah satu cara untuk menjaga fungsi otak yaitu dengan mengkonsumsi sejumlah makanan bergizi dan bernutrisi tinggi. Melansir kompas.com, berikut makanan yang dapat meningkatkan fungsi otak.

Baca juga : Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan


Telur ayam

Telur ayam merupakan sumber nutrisi alami yang baik untuk mendukung kesehatan otak. Hal tersebut karena telur mengandung kolin, lutein, dan zeaxanthin terutama pada bagian kuning telurnya sehingga dapat menjaga kesehatan otak.

Jamur

Kandungan ergothioneine dalam jamur sangat baik untuk otak. Ergothioneine merupakan asam amino yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti-oksidatif. Kedua fungsi itu menjadikannya senyawa bioaktif penting yang dapat berkontribusi terhadap mengurangi efek penuaan, menjaga kognitif, dan mengurangi stres.

Kacang kenari

Kacang kenari diyakini menjadi salah satu makanan terbaik untuk kesehatan otak karena dinilai dapat menunda penurunan fungsi kognitif. Diketahui, kacang kenari menjadi sumber asam lemak omega 3 yang baik dengan mengatasi stres oksidatif dan peradangan.

Teh

Teh diketahui dapat menurunkan risiko gangguan kognitif pada otak. Beberapa bukti menunjukkan bahwa minum 100 mililiter teh sehari dapat menurunkan risiko gangguan kognitif sebesar enam persen dan 500 mililiter per hari dapat menurunkan risiko gangguan kognitif sebesar 29 persen.

Baca juga : Khasiat Cincau Hijau Bagi Kesehatan

Jeruk

Jeruk merupakan buah yang bermanfaat bagi tubuh, salah satunya untuk menjaga kesehatan kognitif pada otak. Hal itu lantaran jeruk mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi otak, seperti vitamin C, thiamin, vitamin B6, dan herperidin.

Sayuran hijau Sayuran hijau seperti selada dan bayam dapat membantu memperlambat penurunan kemampuan kognitif seiring bertambahnya usia. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan yang ada di sayuran hijau seperti lutein, folat, dan beta-karoten. (KRO/RD/KOMP)