KPK Tangani Dua Kasus Dugaan Korupsi di PT Telkom

13

RADARINDO.co.id-Jakarta : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menangani dua kasus dugaan korupsi ditubuh PT Telkom (Persero).

Baca juga : Ini Kata PTPN Soal Penetapan Tiga Tersangka Korupsi Pembelian Lahan

“Sementara ada dua. Yang di sidik (penyidikan) satu, yang di lidik (penyelidikan) satu,” kata Direktur Penyidikan (Dirdik) KPK, Asep Guntur di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (13/5/2024).

Diketahui, KPK memang tengah mengusut kasus dugaan korupsi proyek server and storage system di anak usaha PT Telkom Indonesia (TLKM), Sigma Cipta Caraka (ACC) atau Telkomsigma. Dalam proses penyidikan itu, KPK telah memeriksa Direktur Business Data Center & Manage Service PT Sigma Cipta Caraka (SCC) Januari 2014-Desember 2017 dan Nurhayati pihak dari PT Putra Jaya Maksima/Maxima EO.

Baca juga : Kajian Diduga Tak Tepat, Aktivitas Depo Peti Kemas PT JIU Diminta Tutup
 
Keduanya diperiksa terkait pengadaan server dan storage system, baik yang ada di internal PT SCC maupun pihak swasta. KPK menduga, PT SCC melakukan pengadaan fiktif dengan modus adanya kerjasama penyediaan financing untuk project data center.

Namun, terkait salah satu kasus yang masih dalam tahap penyelidikan, KPK enggan mengungkapnya secara rinci. “Yang penyelidikan belum bisa kami sampaikan tentunya karena itu masih dalam penyelidikan,” tegas Asep. 

 Asep memastikan penanganan dua kasus terkait PT Telkom akan terus berjalan. Ia pun memastikan, kasus yang masih dalam tahap penyelidikan akan ditingkatkan ke tahap penyidikan. (KRO/RD/Jwp)