Liga Spanyol, Barcelona Kalah di Kandang Vs Girona

52

RADARINDO.co.id : Barcelona menelan kekalahan kandang terburuk pada Liga Spanyol saat bertanding melawan Girona pada pekan ke-16, Senin (11/12/2023) dini hari. Girona pun membuat persaingan juara Liga Spanyol La Liga musim ini memanas. Sensasi Girona di Liga Spanyol musim ini terus berlanjut dan bahkan makin menjadi-jadi.

Baca juga : Red Sparks Tumbangkan AI Peppers, Megawati Top Skor

Melansir tribunmedan.com, Senin (11/12/2023), hingga pekan ke-16, tim beralias Blanquivermells (Putih-Merah) memuncaki klasemen dengan 41 poin. Mereka menggeser Real Madrid dengan selisih keunggulan dua poin dari sang raja trofi LaLiga.

Kesuksesan Girona melesat ke puncak diraih berkat kemenangan meyakinkan di markas sementara Barcelona. Pada Minggu (10/12/2023) waktu setempat, pasukan Michel Sanchez menghajar Barca 4-2 di Stadion Lluis Companys.

Gol-gol Girona berasal dari torehan Artem Dovbyk, Miguel Gutierrez, Valery Fernandez, dan bomber veteran Cristhian Stuani. Barca sebatas membalas dua gol dari aksi Robert Lewandowski dan Ilkay Guendogan. Situasi ini bukan lagi mengejutkan, melainkan masuk taraf spektakuler.

Padahal, Girona terbilang anak bawang di kancah teratas Liga Spanyol. Klub asal wilayah otonomi Catalunya ini baru pertama kali promosi ke level tertinggi kompetisi Negeri Matador enam tahun silam. Mereka finis di peringkat kedua Segunda Division 2016-2017 sebagai runner-up di bawah Levante.

Pada musim pertamanya di LaLiga, 2017-2018, Girona secara brilian menyudahi perjalanan di peringkat 10. Musim berikutnya performa mereka turun drastis hingga terdegradasi. Gironistes lantas mendekam kembali dalam kesemenjanaan di divisi kedua selama tiga musim. Girona baru naik kembali ke LaLiga musim lalu dan, seperti periode debutnya, langsung finis di urutan ke-10.

Baca juga : Red Sparks Siap Hadapi AI Peppers

Musim ini Stuani dkk membuat ledakan mengebohkan dengan memuncaki klasemen Liga Spanyol dalam empat pekan terpisah. Mereka baru merasakan satu kekalahan, tak lain ketika dilibas Real Madrid 0-3, akhir September lalu. Selepas itu, Girona tak terkalahkan dan meraih 7 kemenangan dari 8 partai beruntun.

Tak heran bila publik banyak menyamakan sepak terjang Tim Putih-Merah ini dengan sensasi yang dibuat Leicester City musim 2015-2016. Ihwal kemenangan atas Barcelona, Girona juga mencatat rekor tak diinginkan bagi armada Xavi.

Barca dibuat merasakan kekalahan terburuk di kandangnya dalam dua dekade terakhir di kancah Liga Spanyol. Sebelum pekan ini, terakhir kali Barcelona kalah lebih telak ketika menjamu Sevilla, 15 Desember 2002, dengan skor 0-3. (KRO/RD/TRB)