LPK Ziona dan PT Cerdas Digital Nusantara Kerjasama Selenggarakan Pelatihan Prakerja

21

RADARINDO.co.id – Nias : Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Baca juga : 509 Napi Rutan Labuhan Deli Terima Remisi

Untuk mengimplementasi program tersebut lembaga pelatihan dan platform digital menyediakan pelatihan sesuai dengan okupasi yang ditawarkan. Saat ini LPK Ziona sudah menjadi lembaga yang terdaftar di portal Kementerian Ketenagakerjaan sebagai lembaga pelatihan kerja, sehingga cukup memenuhi syarat sebagai lembaga pelatihan.

Namun LPK Ziona perlu menjalin kemitraan dengan Platform Digital guna melaksanakan pelatihan kartu prakerja secara daring/online. Platform Digital berperan sebagai Learning Manajemen Sistem (LMS) dan platform penjualan program pelatihan.

Setelah melalui proses diskusi dan negosiasi dengan tim manajemen PT Cerdas Digital Nusantara selanjutnya disebut Platform Cakap akhirnya menghasilkan sebuah kesepakatan. LPK Ziona dan Platform CAKAP sepakat membentuk sebuah Perjanjian Kerja Sama (PKS) Penyelenggaraan Kartu Prakerja secara daring dengan PKS No. 614/P/PKS/CDN-KZN/XII/2023.

Melihat perkembangan dan beberapa point yang perlu ditambahkan PKS kembali di addendum dengan PKS No. 721/P/ADD/CDN-KZN/III/2024. Perjanjian Kerjasama tersebut ditandatangani oleh Jonathan Mario Dharmasoeka sebagai Chief Financial Officer Platform Cakap dan Rido Favarit S. Waruwu sebagai ketua LPK Ziona.

Ketua LPK Ziona, Rido F.S Waruwu menyebutkan bahwa dalam PKS tersebut pihaknya berkewajiban menyelenggarakan pelatihan dengan menyediakan Trainer/Instruktur dan Fasilitator/Asisten Tenaga Pelatih sesuai dengan judul pelatihan yang telah disepakati.

Baca juga : Warga Pancur Batu Kirim Papan Bunga Soal Kasus Kepemilikan Senpi

Saat ini terdapat 26 trainer/instruktur dan 26 Fasilitator/Asisten Tenaga Pelatih yang telah disediakan oleh LPK Ziona untuk menyelenggarakan pelatihan program kartu prakerja. Platform Cakap menyediakan Learning Manajemen Sistem (LMS) dalam pelaksanaan pelatihan dan melakukan penjualan kelas melalui platform digital penyedia pelatihan.

“Saat ini terdapat 4 kelas yang telah disetujui oleh PMO prakerja dan telah tayang di beberapa platform penyedia program prakerja, dan kelas yang telah berjalan sebanyak 2 kelas yang dilaksanakan secara daring/online,” ujar Rido.

Kelas yang telah berjalan yakni berjudul “Mengelola Kedai Kopi untuk manager kantor cabang” yang ditangani oleh trainer dan fasilitator professional dari LPK Ziona. Peserta yang mengikuti pelatihan adalah seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki kartu prakerja.

Selanjutnya peserta akan mengikuti pelatihan selama 5 sesi dan mendapatkan sertifikat pelatihan serta insentif dari program kartu prakerja. (KRO/RD/Rd)