Pj Gubernur Sumut: Permudah Para Investor

36

RADARINDO.co.id – Medan : Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, memberikan sinyal baik untuk mempermudah masuknya investasi ke Sumut. Dia meminta realisasi investasi di wilayah setempat terus ditingkatkan.

Baca juga : Walikota Medan: Miliki Kendaraan Harus Punya Lahan Parkir

“Diharapkan realisasi investasi di Sumatera Utara terus meningkat, dengan berbagai kemudahan investasi dan melalui inovasi digitalisasi,” ujar Hassanudin di Medan, Senin (11/9/2023).


Dia mengatakan, penanaman modal merupakan pembentukan ekonomi suatu daerah. Hassanudin meminta seluruh aparatur sipil negara di lingkungan kerja Pemprov Sumut untuk bersinergi sehingga realisasi investasi terus meningkat.

“Kita harus adaptif, saling berkolaborasi, kita jaga kepercayaan investor, hilangkan stigma ‘kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah’, efisiensi birokrasi. Kita berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai peran kita masing-masing, bukan hanya slogan,” kata Hassanudin.

Hasanuddin menunjukkan data bahwa realisasi investasi di Sumut mengalami peningkatan pada semester pertama tahun 2023, periode Januari – Juni tercatat sebesar Rp22,2 triliun.

Baca juga : 5 Weton Diprediksi Miskin Lantaran Boros

“Angka ini mengalami peningkatan sebesar 15,75 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022 (year on year) dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 32.403 orang,” sebutnya.

Realisasi investasi tersebut tercatat paling besar pada sektor listrik, gas dan air sebesar Rp3,55 triliun. Disusul industri makanan sebesar Rp3,38 triliun, industri kimia dan farmasi sebesar Rp3,05 triliun, transportasi, gudang dan telekomunikasi sebesar Rp2,84 triliun, serta pertambangan Rp2,33 triliun. Menurutnya, peningkatan ini juga didukung oleh sumber daya manusia dan regulasi yaitu hadirnya Perda Nomor 3 Tahun 2023 tentang pemberian insentif dan kemudahan investasi daerah. (KRO/RD/IDN)