Tim PKM FISIP UPN Veteran Jakarta Populerkan Nilai dan Karakter Bela Negara Melalui Film

13

RADARINDO.co.id – Jakarta : Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) FISIP UPN Veteran Jakarta yang dikomandoi Firdaus Noor dan Nuril Ashivah Misbah serta Muhammad Fajar Edyana, menyelenggarakan kegiatan PKM pendidikan dan penguatan karakter bela negara yang dikemas dalam workshop pembuatan film pendek, bekerjasama dengan PROSA Acting Studio di daerah Kalibata, Jakarta Timur.

Baca juga : Polres Batu Bara Musnahkan BB Ganja dan Sabu

Peserta kegiatan berjumlah 20 orang yang merupakan siswa sekolah acting di PROSA. Aktor-aktor muda dan pemula ini diajak untuk memerankan dan memproduksi film dengan mengintegrasikan nilai bela negara di dalamnya.

Gagasan pengabdian ini berangkat dari hasil amatan Tim PKM yang menangkap bela negara umumnya dimaknai sebagai nilai dan aktivitas yang tidak jauh dari militerisme, seperti wajib militer, pelatihan fisik, atau baris-berbaris. Sejatinya, nilai bela negara begitu luas dan dapat terintegrasi di berbagai lini kehidupan masyarakat, termasuk media populer seperti film.

Kegiatan PKM ini merupakan upaya untuk mempopulerkan nilai dan karakter bela negara dalam media populer film dan pada komunitas seni. Kegiatan berjalan lancar berkat dukungan dari mahasiswa FISIP UPN Veteran Jakarta.

Baca juga : Warga Kota Medan Berharap KPK Segera Panggil Kadis Bina Marga

Mereka yang terlibat yakni Luthfida Wyne, Novita Diwara, Ariq Humam Fadilah, Nasywa Zahra Syahfitri, serta Indra Pacique, Direktur PROSA Acting Shool. Kerjasama dengan Indra Pacique, berawal dari kelas perkuliahan Filmologi, Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ yang kemudian berlanjut dalam kerjasama kegiatan pengabdian masyarakat.

“Kami memiliki tujuan untuk bersama-sama memberikan solusi tentang proses alih wahana dari seni akting ke medium film dalam upaya memperkuat semangat nasionalisme,” kata Ketua Tim PKM, Firdaus Noor di Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Pada kesempatan yang sama, Indra Pacique menyampaikan rasa senangnya atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, kepiawaian aktor yang tergabung dalam Prosa Acting School tidak akan bisa teruji jika tidak ada tim PKM UPNVJ yang memfaslitasi produksi ini. “Semoga kerjasama ini bisa terus berkelanjutan,” harapnya.

PKM ini merupakan langkah konkret yang dilakukan akademisi Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UPN untuk memasukkan nilai bela negara dalam film dan menguatkan karakter bela negara pada para aktor sebagai pilihan estetis mereka dalam karya-karya mereka kelak. (KRO/RD/Fri)